10 oleh-oleh khas Makassar yang wajib kalian bawa pulang

Kalian baru berkunjung ke Makassar, sudah makan coto tapi cotonya tidak bisa di bawa pulang? Kalian bingung mau bawa apa? Atau kalian yang tinggal di Makassar tentunya punya teman orang yang berasal dari luar daerah Makassar, kalian mau memperkenalkan oleh-oleh khas Makassar berupa makanan atau minuman kepada kolega kalian? Tidak usah bingung tentang apa saja yang bisa kalian rekomendasikan sebagai oleh-oleh khas Makassar. Berikut referensi oleh-oleh makanan atau minuman khas Makassar buat kalian!

Oleh-oleh khas Makassar - Abon Raos
(sumber: instagram.com/mentes_jastip)

1. Abon Raos

Siapa tak suka abon sapi? Nah, jika Anda salah satu fans berat abon sapi, yuk coba abon sapi Makassar bernama Abon Raos. Kuliner khas ini selain enak sebagai pendamping nasi putih, enak juga untuk isian roti sarapan pagi Anda. Rasanya bikin nagih karena abonnya terasa sekali.

Oleh-oleh khas Makassar - Sirup DHT
(sumber: sirupdhtpisangambon.com)

2. Sirup DHT

Sirup berwarna merah seperti fanta ini merupakan sirup khas Makkasar yang menjadi pelengkap es pisang ijo. Sirup DHT memiliki rasa seperti pisang ambon dan masih dikemas dalam botol beling plastik berwarna hijau. Sirup ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Bahkan, perusahaannya sengaja tidak mengganti logo di kemasannya untuk menjaga tradisi dari sirup ini. Anda bisa meminum Sirup DHT langsung atau menjadikan sirup ini yang dituangkan di atas es palu butung atau yang lebih dikenal dengan nama es pisang hijau.

Oleh-oleh khas Makassar - Kacang Sembunyi
(sumber: kulinerwisata.com)

3. Kacang Sembunyi

Jajanan khas Makassar ini bentuknya unik dan menyembunyikan kacang didalamnya. Rasanya enak dan bikin Anda ketagihan serta tak berhenti mengunyahnya.

Oleh-oleh khas Makassar - Otak-otak ikan 2
(Sumber: cookpad.com)

4. Otak-otak Ikan

Meskipun bukan satu-satunya daerah yang memiliki ragam kuliner otak-otak, namun makanan ini menjadi khas karena dimasak dengan cara berbeda. Jika dari daerah lain harus melalui proses pembakaran, maka otak-otak Makasar cukup direbus setelah dibungkus dengan daun pisang muda. Sangat mudah untuk menemukan Otak-Otak Ikan Tengiri saat berada di Makassar. Anda bisa membeli oleh-oleh khas Makassar ini di para pedagang yang berjualan di sekitar Pantai Losari. Namun, Anda pun dapat memperoleh makanan ini di toko Otak-Otak Ibu Elly atau Otak-Otak Ibu Sanny. Kedua brand otak-otak ini adalah yang terkenal dan terbesar di Makassar.

Oleh-oleh khas Makassar - Baruasa
(sumber: andietafoodjourney.wordpress.com)

5. Baruasa

Berbentuk bulat dengan rasa gurih yang berlemak rendah membuatnya jadi kegemaran semua orang. Anda bisa menjumpai kue ini kala lebaran ataupun pada pesta pernikahan. Penulis pernah membawa kue ini sebagai ole-ole waktu berkunjung ke tempat teman yang kangen dengan Makassar.

Oleh-oleh khas Makassar - Sirup Markisa
(sumber: antarafoto.com)

6. Sirup Markisa

Selain dari kota medan, kota Makassar juga merupakan penghasil sirup markisa ini. saat ini telah banyak di berbagai swalayan yang ada di semarang yang menjual sirup markisa yang berasal dari medan. Rasa yang dihasilkan memang cukup enak. Sirup ini juga menghasilkan markisa asli bukan serbuk markisa olahan dari bahan kimia. Dengan begitu sirup ini juga dapat dibilang sirup yang cukup menyehatkan.

Oleh-oleh khas Makassar - Kerupuk Jintan
(sumber: muslimahzone.id)

7. Kerupuk Jintan

Mirip kue kering, namun jajanan khas ini teksturnya renyah seperti kerupuk. Meski bentuknya tak ada mirip-miripnya dengan kerupuk. Kue ini terbuat terbuat dari terigu, soda kue, vanili, telur dan jintan hitam yang beraroma khas.

Oleh-oleh khas Makassar - bannang bannang
(sumber: wego.co.id)

8. Bannang-Bannang

Nama bannang-bannang berarti dengan benang-benang, sesuai dengan bentuknya yang memang menyerupai benang khusut yang kemudian dilipat-lipat. Jajanan yang berupa camilan manis ini juga dapat melambangkan ikatan yang erat dan sering dipakai dalam upacara pernikahan di kota Makassar.

Oleh-oleh khas Makassar - Jalangkote
(sumber: rkb.id)

9. Jalangkote

Makanan khas Makassar ini bentuknya hampir mirip dengan pastel, tapi bedanya kulitnya digoreng lebih kering. Ketika digigit terasa kriuknya. Dari segi isian juga hampir sama. Ada bihun, wortel, telur, dan lainnya. Beberapa toko oleh-oleh menyediakan Jalangkote dengan kondisi setengah matang. jadi bisa digoreng kembali saat sampai di kota tujuan kalian bepergian nanti.

Oleh-oleh khas Makassar - Lombok kuning
(sumber: bukalapak.com)

10. Lombok Kuning

Lombok super pedas khas Makassar ini bisa kalian temukan di penjual bakso keliling di Makassar. Kebanyakan penjual bakso menggunakan lombok kuning sebagai pelengkap menu bakso yang mereka jajakan. Lombok kuning bisa juga kalian temukan di toko oleh-oleh di Makassar. Kemasannya juga beragam, mulai ukuran botol plastik kecap hingga botol sirup kaca tersedia. Kalau kalian penggemar makanan berkuah, lombok kuning layak kalian bawah pulang.

Selain oleh-oleh kuliner diatas, kalian bisa juga menjadikan oleh-oleh khas Makassar yang non kuliner ini sebagai pilihan lainnya.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments