10 tempat wisata di Makassar yang wajib kalian kunjungi

Makassar adalah salah satu kota yang padat, kota dengan segala aktivitas ekonomi yang lumayan maju dan bertumbuh. Salah satunya, jumlah mall yang kian bertambah membuat kota ini semakin tercermin sebagai kota metropolis. Semakin tumbuh perekonomian, semakin banyak pula gedung-gedung yang berjejer dan menjulang. Yup, secara langsung membuat aktivitas masyarakat disibukkan dengan rutinitas kerja dan usaha buat mengumpulkan pundi-pundi. Untuk itu banyak diantara kita yang butuh tempat liburan yang tidak memerlukan banyak persiapan dan waktu yang cukup panjang. Kita akan mengintip tempat apa saja yang keren di Makassar. Jangan salah, Makassar adalah tempat yang ajaib.

Di balik kesan kota besar yang padat bangunan modern, Makassar menyimpan sejuta pesona dengan tempat-tempat wisata yang tetap tampak eksotis, jadi buat kalian yang berada di luar Makassar tidak usah ragu untuk mencoba destinasi wisata di kota ini. Berikut tempat-tempat wisata yang ada di Makassar dan bisa jadi rekomendasi buat kalian untuk menghabiskan waktu luang!

 

Tempat wisata di Makassar - Pulau Samalona
Sumber: instagram.com/ijalee_

1. Pulau Samalona

Bisa dibilang Pulau Samalona adalah pulau yang paling ngetop di gugusan Kepulauan Spermonde. Pulau dengan ukuran mini yang dikelilingi pantai berpasir putih ini terkenal akan pemandangannya yang amat indah. Di sini kalian juga akan menemukan banyak terumbu karang yang cantik, terutama di bagian utara pulau, sehingga jadi tempat ideal untuk ber-snorkeling ria. Untuk ke sana Kalian dapat menyewa perahu dari penduduk sekitar Pantai Losari, Makassar dengan tarif antara Rp. 300.000 – Rp. 500.000 PP/perahu (kapasitas 10 orang). Waktu tempuhnya adalah sekitar setengah jam perjalanan.

 

Tempat wisata di Makassar - pulau lae-lae
Sumber: instagram.com/tirzagsprz

2. Pulau Lae-Lae

Kalau tak melihatnya sendiri, Anda mungkin tak akan percaya bahwa ada puing-puing peninggalan Jepang di pulau seindah ini. Pada masa Perang Dunia, pulau yang berjarak hanya 1,5 km dari Pantai Losari ini digunakan sebagai salah satu benteng pertahanan. Makanya jangan heran apabila Anda akan menemukan berbagai situs sejarah, seperti batu pemecah ombak berbentuk segitiiga, juga sebuah terowongan yang konon terhubung langsung dengan benteng Fort Rotterdam di Kota Makassar. Selain melihat jejak sejarah, aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini adalah menyelam, snorkeling, dan pastinya menikmati sunset. Untuk ke sana pulau ini dapat ditempuh selama kurang lebih 10 menit menggunakan perahu motor nelayan dari dermaga kayu Bangkoa atau dermaga depan Fort Rotterdam, Makassar. Biayanya sekitar Rp15.000,- per orang.

 

Tempat wisata di Makassar - Benteng Fort Rotterdam
Sumber: instagram.com/jorgy_ali

3. Fort Rotterdam

Benteng bersejarah yang merupakan salah satu ikon Kota Makassar ini berdiri sejak tahun 1545. Setelah diadakan restorasi, kini Fort Rotterdam termasuk salah satu peninggalan arsitektur Belanda yang paling terawat dan terjaga di Indonesia. Area pertama yang wajib dikunjungi di kompleks benteng ini adalah Museum Negeri La Galigo yang menyimpan beberapa artefak dan peninggalan kuno, seperti perahu tradisional, berbagai artefak dari Tana Toraja, alat musik kuno, sampai kostum-kostum tradisional.  Jangan lewatkan pula untuk singgah ke galeri seni di mana Anda dapat melihat langsung Daeng Zaenal Beta melukis dengan media tanah liat. Fort Rotterdam terletak di Jl. Ujung Pandang No.1, Bulogading, Makassar, Sulawesi Selatan. Sekitar 1 km dari pantai losari.

Tempat wisata di Makassar - Trans Studio Makassar
Sumber: instagram.com/marwahhb

4. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar merupakan taman hiburan indoor terbesar kedua di Indonesia setelah Trans Studio Bandung, dan merupakan yang paling besar di kawasan timur Indonesia. Kompleks hiburan raksasa ini memiliki lebih dari 20 macam wahana yang terbagi dalam 4 kawasan – beberapa di antaranya bahkan tak kalah dengan yang ada di Universal Studios maupun Disneyland! Tiket masuk Rp. 100.000-Rp. 150.000 , tempat ini terletak di Jl. Metro Tj. Bunga No.28, Maccini Sombala, Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan.

Tempat wisata di Makassar - Pantai Akkarena
Sumber: instagram.com/dhiankartika_

5. Pantai Akkarena

Tak ada tempat yang lebih mengasyikkan untuk menikmati pemandangan matahari terbenam selain di pantai. Berjarak sekitar 10 menit berkendara dari pusat Kota Makassar, Pantai Akkarena menyuguhkan perpaduan antara pantai berpasir hitam serta lembayung senja yang romantis. Begitu matahari sudah menghilang ditelan cakrawala, Anda lanjut menikmati berbagai fasilitas yang ada di sekitar pantai ini, seperti arena bermain anak, warung untuk nongkrong, sampai restoran yang menyuguhkan hiburan live music karena malam masih panjang!

Tempat wisata di Makassar - Tanjung Bayang
Sumber: instagram.com/fijhifajriah_

6. Tanjung Bayang

Tanjung bayang terletak di kelurahan barombong, pantai tanjung bayang merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi wisatawan dan ada di kawasan metro tanjung bunga Makassar. Pantai tanjung bayang adalah salah satu tempat wisata favorit kota Makassar selain karena akses yang cukup dekat, pantai ini juga memberikan suasana yang cukup nyaman dengan deburan ombaknya.

Tempat wisata di Makassar - Benteng Somba Opu (1)
Sumber: instagram.com/ifaafifa16

7. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Makassar. Benteng ini adalah salah satu benteng dari beberapa benteng-benteng yang dimiliki kerajaan Gowa. Saat ini, di dalam benteng di bangun kawasan agrowisata berupa kumpulan beberapa rumah adatdari seluruh Sulawesi Selatan. Tempat ini terletak di Jalan Dg. Tata Kelurahan Benteng Somba Opu Kecamatan Barombong. Benteng Somba Opu di bangun bersebelahan dengan Sungai Je’ne Berang sekita 6 km dari pusat Kota Makassar.

Tempat wisata di Makassar - Pantai Losari
Sumber: instagram.com/isyearifianti/

8. Pantai Losari

Nah, ini dia tempat wisata yang paling terkenal di Makassar. Pantai Losari merupakan ikon kota Makassar. Keunikan dan keistimewaan pantai losari yaitu kalian dapat menyaksikan pemandangan indah matahari terbit dan matahari terbenam. Sembari menunggu, kalian bisa menikmati berbagai macam jenis makanan seafood dan dan kalian juga bisa menikmati malam di pinggir pantai losari dengan jajanan khas Makassar yaitu pisang epe’.

Tempat wisata di Makassar - Bugis Water Park
Sumber: instagram.com/mbu_fc

9. Bugis Waterpark

Bugis waterpark merupakan tempat wisata air terbesar di kota Makassar, dengan desain lingkungan alam untuk membangun kedekatan dengan alam. Bugis waterpark memiliki beranekaragam wahana yang bisa kita nikmati dengan tiket masuk sebesar Rp. 100.000-Rp. 160.000. Tempat wisata ini terletak di perumahan bukit baruga, Jl. Sektor Mahamero No. 1 Makassar.

 

Tempat wisata di Makassar - Gowa Discovery Park
instagram.com/aina.yusuf03

10. Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park juga merupakan tempat wisata air di Kota Makassar. Tiket masuknya hanya Rp 70.000 per orang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Benteng Somba Opu, kalian juga dapat menikmati taman satwa yang tersedia didalamnya. Aneka jenis burung, dan reptil bisa kalian temukan dan ajak berfoto bareng di Gowa Discovery Park.

Itu dia 10 tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di Makassar, jadi sudah siap berwisata? Ayo, liburan ke Makassar.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments