5 alasan wajib melakukan perjalanan ke Gunung Bromo

Pesona Gunung Bromo bukan hanya menjadi kebanggaan Jawa Timur saja. Tapi tempat wisata yang berudara sejuk ini juga menjadi pesona yang dibanggakan oleh Indonesia dan menjadi daya tarik turis yang sedang menjelajahi tempat wisata di Surabaya.

Meski jaraknya cukup jauh, namun sebagian wisatawan dari luar negeri mengenal Gunung Bromo sebagai objek wisata di Surabaya. Dengan perjalanan sekitar tiga jam, puncak Gunung Bromo sudah menghampar di depan mata.

Sunset gunung bromo

 

Jika kamu sedang liburan di Surabaya dan hendak menuju Gunung Bromo, maka rute paling dekat adalah menuju Probolinggo atau Pasuruan. Kamu bisa menyewa jasa biro perjalanan menuju Bromo langsung dari Surabaya yang banyak tersedia baik lewat online ataupun disediakan pihak hotel.

Baik dari jalur Probolinggo ataupun Pasuruan, kamu akan berhenti di Gunung Penanjakan. Setelah itu baru melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo dengan jalan kaki, naik mobil jeep atau dengan naik kuda.

 

Perjalanan gunung bromo

Momen yang dikejar dari Gunung Bromo biasanya adalah matahari terbitnya. Karena perjalanan cukup panjang, biasanya wisatawan dijemput dari penginapan pada tengah malam agar tidak terlambat melihat pemandangan sunrise yang cantik di Bromo.

1. Sunset Yang Menawan

Tidak hanya pemandangan matahari terbit yang indah, Gunung Bromo juga memiliki matahari terbenam yang cantik. Namun untuk melihat pemandangan istimewa ini, kamu harus memastikannya dengan pihak jasa tour. Apakah mereka menyediakan waktu untuk menjelajah Bromo sampai sore atau tidak.

Biasanya, tour hanya menyediakan jasa melihat matahari terbit dan kembali ke kota setelah sarapan pagi. Hanya ada beberapa jasa tour yang mau melayani tour ke Bromo sampai malam hari, tentunya dengan harga khusus.

Pemandangan gunung bromo

2. Bukit Teletubbies

Hamparan padang rumput yang menghijau membuat tempat ini disebut juga sebagai Bukit Teletubbies. Bentuknya memang mirip dengan rumah Teletubbies yang kelihatan halus dan hijau segar.

Dari jauh, pemandangan Bukit Teletubbies sangat indah. Terlihat seperti karpet di alam nan luas, hijau dan halus. Meski waktu didekati, rerumputan nampak tumbuh dengan segarnya.

3. Bukit Jemplang

Saat liburan kesini, pemandangan Gunung Bromo yang nggak kalah cantik bisa kamu lihat dari Bukit Jemplang. Biasanya jalur ini akan terlewati kalau kamu menuju Bromo dari arah Malang. Namun jika menginginkan untuk melihatnya, kamu bisa meminta kepada pihak tur untuk membawa ke Jemplang yang menjadi perbatasan antara Bromo dengan Semeru.

 

Air terjun madakaripura

4. Air Terjun Madakaripura

Dalam perjalanan Gunung Bromo ke Probolinggo, terdapat Air Terjun Madakaripura yang sangat indah. Beberapa tour menyediakan perjalanan Bromo bonus dengan Madakaripura. Namun jika membawa kendaraan sendiri, air terjun ini mudah ditemui dan bisa ditempuh dengan mudah.

Tempat ini dipercaya sebagai salah satu petilasan Mahapatih Gajahmada dari Kerajaan Majapahit. Karena itulah, Madakaripura dikenal sebagai salah satu tempat yang mistis, dan pengunjung harus mengikuti aturan yang ada agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan selama di sana.

5. Songa Rafting

Kalau kamu suka dengan tantangan, cobalah rafting di Sungai Songa. Perjalanan ini memakan waktu agak lama, jadi disarankan untuk menginap selama semalam sebelum melakukan rafting di Sungai Songa.

Bromo memiliki pesona yang tiada dua, dengan pemandangan siang dan malam yang sama cantiknya. Sekali kamu ke sana, dijamin nggak bakal pernah melupakan Gunung Bromo dan semua keindahan alam yang tak ada habisnya.


Dapatkan info seputar wisata lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Komentar

comments