5 oleh-oleh khas Makassar yang wajib kalian bawa pulang (2)

Biasanya ketika mengunjungi suatu daerah kita mencari apa yang menarik dari daerah tersebut untuk bisa kita bawa pulang sebagai cenderamata bahwa kita pernah menginjakkan kaki disana. Nah, bagi teman-teman yang ingin menjadikan Makassar sebagai destinasi wisata, dan ingin berburu oleh-oleh berupa cendramata. Sebelumnya kami telah membahas oleh-oleh kuliner dari Makassar. Berikut ini hal unik dari Makassar yang bisa kalian bawa pulang. 

Oleh-oleh khas Makassar - Minyak Tawon
(sumber: minyaktawon.co.id)

1. Minyak Tawon

Minyak gosok khas Makassar memang telah ada sejak tahun 1912 sehingga tak heran jika hingga saat ini minyak tawon menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar yang tidak boleh terlewatkan. Minyak satu ini memang bisa dibeli di apotek-apotek seluruh Indonesia. Namun, tetap saja minyak tawon yang berasal dari kota aslinya memiliki kualitas yang lebih baik.

Makassar adalah kota yang menjadi penghasil minyak tawon. Bahkan, minyak gosok untuk mengatasi bisul atau gatal ini bisa Anda jumpai di pusat oleh-oleh yang biasa menjual makanan kering. Uniknya, minyak tawon yang dijual di Makassar menawarkan ukuran kemasan mulai dari yang kecil hingga yang sangat besar. Di samping itu, ada juga beberapa pilihan aroma untuk minyak gosok yang satu ini.

Oleh-oleh khas Makassar - Tenun sengkang 2
(sumber: tokopedia.com)

2. Sarung Bugis

Buah tangan yang satu ini cocok diberikan untuk ayah tercinta, atau adik tersayang. Sarung tenun Bugis ini memang memiliki corak khas Bugis dengan warna warni yang amat menarik. Meski tipis, tapi tetap nyaman dipakai dan juga tidak menimbulkan rasa gerah walau lama dikenakan.

Oleh-oleh khas Makassar - Handicraft Toraja
(sumber: pixamola.com)

3. Handicraft Toraja

Di Kota Makassar juga terdapat banyak yang menjual berbagai handicraft Toraja. Dari berbagai handicraft ini merupakan ukiran kayu, lukisan, gantungan kunci, baju khas Toraja, bahkan untuk sekedar tempat tissue juga ada yang dibuat dengan sentuhan budaya Toraja.

Oleh-oleh khas Makassar - Sarung Bugis
(sumber: tenunsengkang.com)

4. Kain Sutra Sengkang

Kain sutra sengkang ini memang cukup terkenal dengan kualitasnya yang begitu bagus. Sehingga tak heran jika kain sutra sengkang ini dijadikan sebagai oleh oleh khas dari kota Makassar ini. Untuk produksi kain tenun sutra sengkang ini memang ada beberapa macam semi-sutera dan sutera asli. Untuk produk semi sutera merupakan campuran sutera dengan katun. Sedangkan untuk yang sutera asli merupakan murni tenun sutra tanpa adanya campuran bahan yang lain. Bukan hanya dari jenis bahan melainkan juga ada berbagai pilihan warna dan garis-garis yang sangat menarik.

Oleh-oleh khas Makassar - souvenir kupu-kupu bantimurung
(sumber: travel.kompas.id)

5. Hiasan Dinding Kupu-Kupu Bantimurung

Cenderamata yang satu ini bisa kalian dapatkan di toko oleh-oleh di Makassar, atau bisa didapatkan langsung saat liburan di Maros. Kalau kalian Berkunjung ke Sulawesi Selatan, Kabupaten Maros merupakan salah satu kabupaten yang terdekat dari kota Makassar. Harga yang ditawarkan untuk hiasan dinding kupu-kupu ini mulai Rp. 30.000 saja kok.

Nah, sudah tahukan apa saja yang bisa kalian bawa ketika telah liburan di Makassar. Selamat hunting oleh-oleh guys!


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments