8 Hal Yang Harus Kamu Siapkan di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Kita mulai harus mengubah kebiasaan yang sering dilakukan pada musim panas kemarin. Kedepannya kita akan mudah menemui hujan. Awalnya rutin hanya pada sore hari, lalu tidak lama kemudian hujan akan menguasai hari-harimu, turun sepanjang hari.

Tugas kalian sekarang adalah menyiapkan diri mumpung hujan belum turun sepanjang hari. Kami telah merangkum mengenai apa saja yang harus kalian siapkan pada musim hujan.

Sediakan payung dan jas hujan

1. Sediakan payung dan jas hujan
Bagi kalian yang tidak memakai kendaraan silahkan sediakan payung, karena ketika musim hujan kata orang 10% adalah air, 90% kenangan (hehehe). Tentu alasannya supaya nggak basah dong. Bagi kalian yang berkendara motor, mulai sekarang tidak usah pindahkan jas hujan dari bagasi motor karena cuaca bisa menipu. Saat pagi bisa cerah, tapi siang atau sore tiba-tiba hujan deras. Bagi kalian yang punya mobil juga tetap sediakan payung di dalam mobil.

Bawa sandal, atau sepatu anti air didalam tas

2. Bawa sandal, atau sepatu karet didalam tas
tentu kita tidak ingin saat sedang berkendara motor, tiba-tiba hujan turun dan membuat sepatu keren yang dipakai jadi ikutan basah. Apalagi jika kalian memakai sepatu yang basah sepanjang hari, hal tersebut dapat membuat kalian terserang flu pada keesokan harinya. Antisipasi kejadian tersebut dengan membawa sandal atau sepatu anti air di dalam tas atau kendaraan kalian. Kita bisa mengurangi kemungkinan menggunakan sepatu basah saat di dalam ruangan, dengan menggunakan sandal tersebut pada perjalanan dari rumah menuju kantor kalian.

Perbaiki dan bersihkan saluran air

3. Perbaiki dan bersihkan saluran air
Pada saat musim hujan tiba terkadang saluran air kita penuh dengan sampah plastik yang dibawah oleh aliran air hujan. Hal ini dapat mengakibatkan tersumbatnya saluran air, dan terkadang air dapat masuk melalui lubang saluran air dari dalam rumah kalian. Sebaiknya secara rutin kalian mulai harus membersihkan saluran air tersebut agar tidak terjadi penumpukan sampah plastik. Segeralah perbaiki jika terjadi kerusakan terhadap saluran tersebut. Hal ini kalian harus perhatikan agar rumah kalian tidak kebanjiran dari dalam rumah.

musim-hujan-5

4. Waspada populasi nyamuk meningkat
Pada musim hujan, nyamuk sedang semangat untuk berkembang biak dan bertelur, sehingga kalian juga wajib memperhatikan serangga kecil ini saat musim hujan mulai datang. Tentu kalian tidak suka kalau sedang asik di kamar, namun suara nyamuk mengganggu di telinga, lalu mulai menggigit sekujur tubu kalian. Cara agar rumah kalian terhindar dari nyamuk bisa dengan memasang jaring kecil diventilasi udara yang berada di atas pintu rumah atau kamar. Jaring tersebut bisa membuat nyamuk kesulitan untuk masuk. Selanjutnya bersihkan kolam, atau jangan membuat air mudah tergenang di sekitar rumah kalian. Jika ada ember kosong yang berpotensi membuat genangan air hujan, makas segeralah membalik ember tersebut. Nyamuk senang berkembang biar pada genangan air.

Tambal kebocoran atap

5. Tambal kebocoran atap
Segera lihat atap rumah kalian, apakah ada kebocoran terlihat disana? Jika iya, segeralah menambal lubang di seng atau mengganti genteng yang bocor itu. Jangan karena kalian tidak mampu memanjat atap rumah, maka kalian membiarkan lubang kecil diatap rumah tersebut sering dilihat. Hubungi seseorang yang bisa membantu memperbaiki atap. Jangan sampai kalian akan jadi kerepotan ketika musim hujan sudah berada pada puncaknya. Jika tidak diperbaiki, maka kalian akan melihat ember, panci atau baskom bertebaran di dalam rumah kalian hanya untuk menampung kebocoran atap tadi.

Biasakan mencuci tangan
6. Biasakan mencuci tangan
Proses penyebaran penyakit terjadi dengan cangat cepat. Selalu saja ada yang kita pegang, dan belum tentu bersih. Tanpa kalian sadari, tangan kita mungkin seperti tempat persinggahan dari kuman. Terlebih saat peralihan musim panas ke musim hujan tentu akan membuat daya tahan tubuh kita menurun. Sehingga cara sederhana untuk terhindar dari penyakit di musim hujan adalah dengan membiasakan mencuci tangan

Makan makanan sehat dan tetap berolahraga

7. Makan makanan sehat dan tetap berolahraga
Di benak beberapa orang, musim hujan enaknya makan yang pedas atau jajan diluar sambil nunggu  hujan reda, tapi jangan sampai salah pilih makanan, yah. Makanan sehat seperti sup ayam dan makanan rumah yang higienis dan bergizi bisa membantu kalian tetap sehat. Ingat juga untuk tetap berolahraga di rumah seperti push up, sit up atau liat video olahraga di youtube. Sekarang lagi ngetren olahraga yang menyenangkan seperti freeletics, dance hip-hop dan zumba di dalam ruangan.

Tetap banyak minum air putih

8. Tetap banyak minum air putih
Sebenarnya kebutuhan cairan tubuh masih tetap sama pada saat musim penghujan. Pada saat musim hujan kelian tetap harus mengkonsumsi air putih sedikitnya 1,5 liter perhari karena akan dapat membantu proses keluarnya racun di tubuh. Racun yang dimaksud disini bisa dikarenakan bakteri akibat peralihan ke musim hujan.

Mungkin masih banyak lagi tips untuk menghadapi musim hujan versi kalian. Jika ingin ditambahkan, silahkan isi kolom komentar dibawah ini.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.