Bertemu

Malam ini saya dan beberapa teman membuat rencana baru. Nama rencana itu adalah “bertemu”. Rencana ini bukan tergolong kencan. Unsur rencana ini bukanlah 2 manusia yang sedang jatuh hati dan berlawanan jenis. Rencana ini lebih banyak melibatkan orang-orang yang berada di dua daerah berbeda, Majene dan Makassar. Kabupaten Majene menjadi tujuan pertemuan yang pertama antara Penyala Makassar dan anak-anak SD di Kecamatan Sendana.

Pack Your Spirit
Pack Your Spirit

Rencana ini adalah buah dari acara Pack Your Spirit yang dilaksanakan oleh Penyala Makassar. Mereka berhasil mengumpulkan berdus-dus buku dari para donatur di Makassar. Iya, ini langkah kecil yang luar biasa. Mengumpulkan buku layak baca dalam jumlah yang besar. Jika kalian salah satu donatur yang mengirimkan buku di acara Pack Your Spirit, yang diadakan di Perpustakaan Kota Makassar pada tanggal 5 Mei 2013 kemarin, saya ucapkan terima kasih kepada kalian. Empat dus buku hasil kegiatan kemarin siap kami kirimkan ke Majene.

Hari ini adalah tiga hari setelah hari pelaksanaan Pack Your Spirit 2013 Penyala Makassar. Mereka mulai menyusun rencana “bertemu”. Rencana yang akan ditempuh dengan jarak lebih dari 300 Km. Menembus beberapa batas kabupaten dan sebuah batas provinsi. Majene memang berada di Provinsi Sulawesi Barat. Sinyal dan listrik sangat terbatas. Listrik biasanya menyala di malam hari, mulai pukul 18.00 hingga 21.00. Tapi, semua itu tidak masuk dalam analisis masalah kami saat ini. Kami akan tetap menyampaikan secara langsung “spirit” yang berada dalam buku yang terbungkus dus.

Rencana ini sudah sangat jelas akan sejenak menjauhkan kami dari zona nyaman perkotaan. Menjauhkan kami dari gedung-gedung pencakar langit yang penuh dengan lampu berwarna-warni. Menjauhkan kami dari tempat tidur yang nyenyak dan makanan yang enak buatan rumah. Tapi, itu hanya sesaat. Kami akan kembali dengan membawakan salam, senyum dan cerita dari adik-adik kita di Majene kepada kalian teman-teman.

Saya yakin salam, senyum dan cerita itu akan menjadi “minyak” dari api semangat kita menyalakan Makassar. Mari bertemu wahai adik-adik yang ada di buku Indonesia Mengajar, Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Majene, Kecamatan Ulumanda.

Penyala Dimas
Penyala Dimas
Penyala Arya
Penyala Arya
Penyala Agrie
Penyala Agrie
Penyala Dini
Penyala Dini
Penyala Ica
Penyala Ica
Penyala Nunu
Penyala Nunu
Penyala Hendra
Penyala Hendra

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.