Cara Memulihkan Twitter yang Terkena Phising

Kita sering menemukan akun teman-teman di timeline twitter sering ngetweet atau mengirim DM (Direct Message) dengan bahasa yang aneh atau tidak biasa. Tweet atau DM yang dikirimkan kadang menggunakan Bahasa Inggris, atau kadang memuat konten-konten porno yang disertai dengan link url.

 Solusi twitter terkena phising

Kemungkinan besar akun teman kalian itu sedang kena phising. Phising adalah jebakan untuk mengambil alih akun twitter kalian. Dampaknya adalah akun tersebut bisa memfollow otomatis orang yang tidak dikenal, memposting tweet dan DM secara otomatis kepada teman-teman kalian. Phising bisa juga dikategorikan tindakan hacking terhadap akun twitter kalian.

Solusi twitter terkena phising
Contoh twitter yang terkena phising

Tindakan phising ini sekarang mulai dimanfaatkan untuk membuat Tranding Topic Indonesia. Akun yang kena phising jumlahnya banyak dan secara bersamaan akun itu menggunakan hashtag untuk dijadikan tranding topik. Tujuannya adalah untuk kampanye atau sebagai strategi marketing sebuah brand di twitter oleh pihak yang membuat phising tersebut.

Solusi twitter terkena phising
Contoh akun twitter yang terkena phising
Solusi twitter terkena phising
Trending topic oleh akun-akun yang terkena phising

Solusi jika akun twitter kalian kena phising tetap ada, kok. Berikut solusi untuk memulihkan akun twitter yang terkena phising:

  1. Login melalui laptop atau komputer ke akun twitter kalian di twitter.com
  2. Jika sudah masuk selanjutnya klik gambar gear dipojok kanan atas, kemudian klik settings
  3. Kemudian klik tab apps atau applications.
  4. Selanjutnya kalian akan masuk ke aplikasi twitter yang telah diizinkan untuk mengakses akun kalian. Silahkan cari dan kemudian revoke access aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kalian kenal sebelumnya.

    Solusi twitter terkena phising
    Contoh aplikasi yang di tab aplication
  5. Setelah di revoke access kalian bisa meninggalkan halaman settings tersebut. Cek kembali ke halaman setting tersebut untuk memastikan kalau kalian telah memutuskan akses applikasi mencurigakan tadi.
  6. Selesai

Beberapa applikasi phising yang sering mengirimkan tweet atau DM spam kadang masih tetap melakukan pengiriman tweet dan DM spam tanpa kita sadari, meskipun telah kita revoke access aplikasi mencurigakan tersebut. Masih ada cara yang lain agar kita tidak menjadi korban phising. Langkah selanjutnya adalah mengganti password twitter kalian:

  1. Klik gambar gear dipojok kanan atas, kemudian klik settings
  2. Selanjutnya masuk ke tab password
  3. Jika sudah masuk ke tab password , silahkan masukkan password kalian yang sekarang di kolom current password.  Masukkan password baru kalian di kolom new password, dan ulangi password baru kalian di kolom verify password.
  4. Setelah itu klik change

Password kalian telah terganti. Semua applikasi yang kalian gunakan selama ini (tweetdeck, hootsuite, ubersocial dan lainnya) akan memverifikasi password baru kalian dengan melakukan log in ulang jika kalian ingin mengakses aplikasi twitter kalian.

Agar tidak terkena phising kembali jangan mengklik link-link yang mencurigakan dari akun-akun yang bertebaran di timeline kalian. Semoga tips ini bermanfaat. Baca tips social media yang lainnya DISINI.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.