Dilarang Bermain Handphone saat Berkendara

Pernahkah kalian memperhatikan para pengendara di jalan raya? Jika pernah, kalian pasti pernah melihat aktivitas berbahaya yang mereka lakukan ini. Aktivitas ini bisa kalian temukan di kota-kota besar di seluruh dunia, termasuk di Makassar, Indonesia. Menurut mereka pasti tidak berbahaya, namun mereka tidak sadar kalau sedang membahayakan dirinya dan diri orang lain yang ada di jalan.

Menggunakan telepon dijalan
Pengendara yang bermain handphone sambil berkendara

Kalian pasti pernah memperhatikan aktivitas menggunakan handphone sambil mengendarai kendaraan. Bahkan kalian pasti pernah melakukannya. Sebenarnya saya juga pernah melakukannya. Sadar atau tidak, kegiatan diatas kendaraan seperti ini sangatlah berbahaya. Saya setiap hari menggunakan motor. Dulu saya mampu memegang kendali stir motor di tangan kanan, dan menghubungi orang lain melalui handphone di tangan kiri. Hal ini saya lakukan bersamaan.

Suatu ketika saya pernah hampir jatuh karena melakukan ini di jalan. Saat itu kendaraan sedang tidak terlalu kencang, tapi posisi saya sedang berada di tengah jalan sehingga nyaris disambar oleh pengendara lain. Padahal saya hanya ingin membalas chat dari seseorang, dan hampir saja nyawa ikut menghilang karena kurangnya keseimbangan saat membawa kendaraan. Ketika bermain handphone di jalan konsentrasi kita akan terbagi. Sebelah tangan kita ingin membalas chat melalui handphone, dan sebelahnya lagi mengendalikan kendaraan. Pada umumnya kita memang akan kesulitan untuk melakukan 2 pekerjaan secara bersamaan. Jika pun menurut kalian itu bisa dilakukan, hasilnya akan kurang maksimal. Sama seperti kalian tidak bisa membaca buku sambil menonton film, atau memasak sambil membersihkan rumah. Terkadang kita ingin melakukan semuanya dengan praktis, namun menyepelekan proses yang akan mempengaruhi hasil yang ingin kita dapatkan.

Iklan larangan menggunakan handphone sambil berkendara.
Iklan larangan menggunakan handphone sambil berkendara. Dibuat dan diterbitkan oleh: Mudra Group, India

Di Indonesia sebenarnya sudah ada peraturan yang mengatur larangan menggunakan handphone saat berkendara. Peraturan ini mungkin masih sedikit yang tahu karena kurangnya sosialisasi dari pihak kepolisian. Beberapa hari lalu saya kebetulan melihat satu spanduk yang berisi larangan menggunakan handphone saat sedang berkendara. Hanya berisi tulisan biasa dan tidak menarik orang untuk membaca. Di beberapa negara iklan larangan menggunakan handphone saat berkendara dikemas dengan kreatif dan menarik. Pesan yang ingin disampaikan oleh iklan tersebut dapat ditangkap dengan baik oleh pembaca iklan. Kita di Indonesia kekurangan iklan layanan masyarakat tentang larangan menggunakan handphone saat berkendara yang mengakibatkan rendahnya kesadaran masyarakat akan bahayanya menggunakan handphone saat berkendara di jalan.

Iklan larangan menggunakan handphone sambil berkendara.
Iklan larangan menggunakan handphone sambil berkendara. Dibuat dan diterbitkan oleh: Mudra Group, India

Kita kadang mengikuti peraturan karena takut ditangkap atau ditilang oleh polisi. Pernahkah kita sadar kalau peraturan tersebut dibuat untuk keselamatan kita sendiri sebagai pengendara dijalan. Bayangkan saja kalau tidak ada peraturan tersebut dan kita tetap menggunakan handphone saat berkendara, (semoga saja tidak terjadi apa-apa) potensi kecelakaan kepada kita akan semakin besar. Kerugian yang ditimbulkan bukan hanya akan berdampak kepada kita saja, keluarga, dan orang yang ada di jalan juga akan merasakan kerugiannya. Kita sering sibuk memikirkan diri sendiri dan melupakan orang yang ada disekitar. Apakah kalian memperhatikan kalau pengendara jalan semakin banyak, ketika ada sebuah kendaraan tiba-tiba jatuh maka bisa saja kendaraan lain ikut menabrak kendaraan tersebut. Hasilnya adalah kemacetan yang panjang. Orang yang sedang mempunyai kesibukan pekerjaan, mahasiswa yang sedang mengejar dosen untuk meminta tanda tangan, dan pasien yang sedang dibawa oleh mobil ambulance akan mengalami keterlambatan dalam menuju tempat tujuannya. Banyak orang-orang yang berada di jalan akan mendapatkan kerugiannya. Belum lagi dengan keluarga di rumah. Keluarga adalah orang-orang yang selalu menunggu kabar kepulangan kalian dengan selamat. Kabar ini sangat sederhana, namun sangat berarti besar bagi mereka. Selalulah ingat kalau kalian mempunyai orang-orang tersayang yang masih membutuhkan kalian. Banyak hal-hal yang menyenangkan, yang pasti belum kalian lakukan bersama orang-orang tersayang itu maka perhatikanlah keselamatan kalian saat sedang berada di jalan. Hal kecil seperti membalas chat sambil berkendara itu mampu merugikan banyak orang. Semoga keselamatan selalu tercurahkan kepada kita semua. Amin!


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Komentar

comments

2 thoughts on “Dilarang Bermain Handphone saat Berkendara

  • 15/05/2015 at 8:34 AM
    Permalink

    memang sebaiknya jangan main gadget saat berkendra disamping berbahaya juga bikin jengkel pengendara yang lain. Kalau ditegur malah nyolot

    Reply
    • 18/05/2015 at 10:24 AM
      Permalink

      Iya, pengendara lain yang lihat bawaannya jadi kzl juga. Kalau saya biasanya dekati si pengendara ini, jalan beriringan. Pasti dia merasa risih, berhenti main hape dan akhirnya fokus mengemudi.

      Reply

Leave a Reply