Kenalan dengan Eco Bag

Sebagaimana yang diketahui, plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam, kini telah menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Diperkirakan ada 500 juta sampai 1 milyar kantong plastikdigunakan penduduk dunia dalam satu tahun. Sejauh mata memandang pasti ada plastik pokoknya.

Konsumsi berlebih terhadap plastik, pun mengakibatkan jumlah sampah plastik yang besar. Karena bukan berasal dari senyawa biologis, plastik memiliki sifat sulit terdegradasi (non-biodegradable). Plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Sampah kantong plastik dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara. Dampak yang bisa kita rasakan langsung adalah terjadinya banjir dari hasil sampah plastik ini.

Kita wajib menjadi konsumen plastik dimana saja, terkhusus di pasar swalayan. Dalam membawa barang belanjaan kita pasti menggunakan kantong plastik (kantong kresek) untuk membawa barang belanjaan. Belum lagi jika konsumen swalayan itu adalah ibu-ibu yang selalu meminta dilapis kantong plastiknya menjadi dua. Ketika sudah dirumah bagaimanakah nasib dari plastik-plastik tersebut? Tercampakan, terbuang dan tidak tau digunakan apalagi mereka dan akhirnya menjadi sampah lagi.

Cara untuk mengurangi sampah plastik ada 2 menurut saya, yaitu dengan mendaur ulang dan mengurangi penggunaan plastik itu sendiri. Cara mengurangi penggunaan kantong plastik bisa dilakukan dengan mengganti menggunakan eco bag. Eco bag adalah tas kantongan yang terbuat dari kain. Bahan yang digunakan untuk membuat eco bag sendiri merupakan bahan yang ramah untuk lingkungan dan bisa juga dibuat sendiri dari kain bekas.

Saat ini penggunaan eco bag masih dalam tahap pengenalan kepada masyarakat. Masyarakat masih terbiasa dalam menggunakan plastik karena praktis, pakai dan buang. Plastik di pakai 1 kali dan bisa dibuang kembali. Pemborosan! Menggunakan eco bag merupakan hal yang berbeda, kita bisa menggunakannya berkali-kali. Berikut perbedaan antara kantong plastik dan eco bag, yaitu:

Kantong plastik :
1. Bahan yang digunakan adalah bahan pembuat plastik,(umumnya polimer polivinil) terbuat daripolychlorinated biphenyl (PCB) yang susah diurai dan tidak ramah lingkungan.
2. Lebih sering dipakai hanya sekali karena jika robek sudah tidak bisa dipakai lagi dan menjadi sampah.
3. Tampilannya biasa saja

Eco bag :
1. Bahan yang digunakan adalah kain yang dalam proses penguraian ramah untuk lingkungan.
2. Bisa dipakai berkali-kali.
3. Tampilannya bisa di variasi dengan berbagai model.

Contoh goodie bag

Contoh goodie bag
Eco bag

Dengan menggunakan eco bag kita bisa turut serta mengurangi sampah plastik yang tidak ramah lingkungan dan tentunya mengurangi potensi banjir kedepannya. Langkah kecil ini jika kita lakukan bersama akan menjadi langkah yang besar.Dengan membawa beberapa eco bag sendiri saat keluar rumah, kita telah memberi contoh kepada orang lain.Sekarang, mari tolak penggunaan kantong plastik dan mulai menggunakan eco bag.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.