Lakukan 5 Langkah ini Agar Jam Tangan Awet

Jam tangan sangat berguna baik untuk kaum pria atau wanita. Benda dari abad ke-16 ini sangat berguna, dan bisa dipakai mulai dari anak-anak sampai dewasa. Jam tangan tertua diketahui adalah jam tangan milik Ratu Inggris Elizabeth I yang dibuat oleh Robert Dudley pada tahun 1571. Wah, kira-kira jam tangan dari abad 16 ini kalau masih ada berharga berapa, yah? Tapi kalau bicara tentang jam tangan awet, atau tahan lama pasti bergantung dari perawatannya juga. Agar jam tangan kalian bisa awet seperti jam Ratu Inggris Elizabeth 1, kami sudah membuat tips cara merawat jam tangan biar awet.

Lakukan 5 Langkah ini Agar Jam Tangan Awet

1. Rajin bersihkan jam tangan

Ini hukum pertama untuk perawatan benda apapun. Pertanyaannya bagaimana membersihkan jam tangan? Ternyata tidak semahal perawatan wanita di salon, Cukup gunakan tisu basah yang sering dijual di toko. Gunakan tisu basah untuk menghilangkan bekas keringat yang menempel pada jam tangan kamu, lalu bersihkan kembali menggunakan tisu kering, dan diamkan beberapa saat. Hindari mengeringkan dengan mesin pengering rambut karena angin panas yang keluar akan mempengaruhi komponen dalam jam tanganmu.

Lakukan 5 Langkah ini Agar Jam Tangan Awet

2. Perhatikan kebersihan tali jam

Jangan salah, bakteri atau kuman juga menempel pada tali jam tangan. Selain itu kualitas jam tangan juga dilihat dari talinya yang bersih, dan bagus, makanya perhatikan juga bagian jam yang ini. Membersihkannya juga harus sesuai dengan bahan tali jam tangan:

Tali jam Kain atau kanvas

Tali jam tangan berbahan kain, atau kanvas bisa kamu bersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan sabun. Menggunakan sikat ggi karena ukuran sikat gigi sangat pas dengan ukuran tali jam tangan pada umumnya. Setelah itu keringkan tali jam tangan kanvas dengan menggunakan kertas Koran, bukan kain. Tujuannya supaya lebih cepat. Setelah itu kalian bisa meletakkannya di depan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan. 

Tali jam Stainless

Tali jam tangan stainless steel murni mempunyai cara membersihkan tali yang tidak jauh beda. Sikat tali jam tangan menggunakan sikat gigi, khususnya pada sela-sela tali jam tangan agar sisa–sisa keringat yang menempel dapat hilang. Terakhir segera keringkan dengan meletakkan di depan kipas angin.

Tali jam Karet atau plastik

Tali berbahan karet lebih mudah mucul jamur, dan bau tidak sedap ketika tidak dibersihkan. Membersihkan tali jam tangan yang berbahan karet juga sangat mudah, kalian hanya perlu bersihkan menggunakan sabun, kemudian sikat dengan menggunakan sikat kecil untuk menghilangkan sisa – sisa keringat yang menempel. Kemudian segera keringkan.

Tali Jam Kulit

Tali jam tangan dari kulit agak sedikit berbeda cara merawatnya. Silahkan gunakan kain setengah basah untuk membersihkan tali jam tangan, lalu keringkan kembali dengan menggunakan kain kering. Agar lebih awet selalu oleskan cairan berupa lotion untuk merawat bahan kulit minimal seminggu sekali.

Lakukan 5 Langkah ini Agar Jam Tangan Awet

3. Lapisi dengan tisu

Mudah berkeringat juga menjadi masalah saat menggunakan jam. Keringat dapat memicu tumbuhnya jamur, berbau tidak sedap, dan membuat jam tangan jadi cepat rusak karena kandungan garam pada keringat. Solusinya, lapisi jam tangan dengan tisu kering. Tisu diletakkan disela-sela jam dan pergelangan tangan. Tujuannya agar jam tidak langsung bersentuhan dengan kulit tanganmu.
Lakukan 5 Langkah ini Agar Jam Tangan Awet

4. Jauhkan jam tangan dari magnet

Mulai jauhkan jam tangan kalian dari barang–barang mengandung magnet, misalnya mesin cuci, radio, televisi, kulkas, dan lainnya. Jam tangan yang diletakkan berdekatan dengan barang yang mengandung gelombang elektromagnetik tersebut dapat mempengaruhi perputaran jam tangan sehingga membuat jam tanganmu tidak menunjukkan waktu yang tepat. Kalau kamu merasa jam tangan kamu sering ngaco mungkin ini salah satu penyebabnya.

Lakukan 5 Langkah ini Agar Jam Tangan Awet

5. Gunakan jam tangan sesuai kegiatan

Jam tangan saat ini berperan sebagai aksesoris, dan bukan hanya sebagai alat penunjuk waktu. Kalian harus pintar memilih jam untuk digunakan pada acara atau kegiatan tertentu. Kalian ingin berolah raga outdoor, maka jangan gunakan jam tangan berbahan stainless steel. Jika kalian sedang berkantor formal, jangan gunakan jam karet berwarna-warni. Sesuaikan kegiatanmu dengan jam yang kalian gunakan. Kalian bisa mencari aneka jam keren di Watch House Makassar. Jam tangan berkonsep santai hingga formal dengan aneka model tersedia disana. Sebelum terlihat salah style, sebaiknya kalian melihat koleksinya terlebih dahulu DISINI.

Tadi tips merawat jam yang harus kalian ketahui. Semoga dapat membantu jam tangan kalian dapat berumur panjang seperti jam Ratu Inggris Elizabeth 1.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.