Mengenal BRT Makassar

Diantara kita mungkin masih ada yang belum mengetahui kehadiran tranportasi baru Kota Makassar. Makassar telah memiliki sebuah transportasi baru yang bernama Bus Rapid Transportation (BRT). Diresmikan sejak 11 Maret 2014 atau lebih dari sebulan yang lalu BRT masih tergolong minim akan penumpang. Pada awal diresmikannya, BRT hanya dimulai dengan 9 armada saja. Sekarang 2 armada BRT yang baru telah siap mengajak warga Makassar berkeliling kota.

Tiket BRT
Tiket BRT

BRT adalah salah satu transportasi murah yang ada di Makassar. Hanya bermodalkan Rp. 4.000 kita sudah bisa mendapatkan selembar tiket BRT dan menikmati perjalanan menggunakan transportasi ini.  BRT memiliki suasana sejuk karena berfasilitas AC di dalamnya, sangat pas dengan suasana Kota Makassar yang panas. BRT juga dilengkapi dengan televisi dan musik untuk menghibur perjalanan kita. Tidak ada duduk berdesakan di dalam BRT karena telah disediakan 1 orang untuk 1 kursi didalamnya. Di BRT tersedia pula jaringan wifi yang akan memanjakan gadget-gadget kita untuk bersocial media. BRT benar-benar memberikan kenyamanan kepada penumpangnya.

Sejak pertama kali hadir di Kota Makassar, saya telah 4x menaiki BRT. Kendaraan pribadi diparkirkan di Mall Panakkukang dan saya melakukan perjalanan ke Trans Mall menggunakan BRT. Awalnya saya tidak berencana untuk berkeliling menggunakan BRT. Pada saat itu hanya diajak dan kebetulan BRT-nya juga ada di daerah Panakkukang. Rute BRT saat ini memang hanya tersedia dari mall ke mall dalam kota Makassar.

Berikut rute BRT dalam kota Makassar:

Mall Panakkukang – Jalan Pettarani – Jalan Urip Sumoharjo – Mall Ratu Indah – Jalan Kakaktua – Jalan Rajawali – Jalan Metro Tanjung Bunga – Mall GTC – Trans Mall Makassar – Halte Pantai Losari ­– Karebosi Link – Jalan Urip Sumoharjo – Jalan Pettarani – Mall Panakkukang

Halte BRT yang berada di mall sebenarnya tidak ada. Di mall hanya berupa tempat pemberhentian saja tanpa bangunan halte. Halte BRT hanya berada di Pantai Losari. Keberadaan BRT masih dalam pengembangan, termasuk keberadaan halte BRT di Mall. Waktu kedatangan dan pemberangkatan BRT juga (setahu saya) belum ada. Untuk menaiki BRT biasanya saya hanya menunggu di tempat-tempat pemberhentiannya yang ada di mall.

Berikut tempat pemberhentian BRT yang berada di mall –mall:

  • Mall Panakkukang : Berada di pintu depan Mall Panakkukang, di Jalan Panakkukang
  • Mall Ratu Indah : Berada di pintu depan Mall Ratu Indah, di Jalan Ratulangi (depan tulisan Mall Ratu indah)
  • Mall GTC : Berada di pintu sebelah kanan Mall GTC. Silahkan cari tangga pijakan untuk turun dari bus, pijakan itu biasa digunakan untuk turun dari BRT.
  • Trans Mall : Tempat pemberhentian di Trans Mall kadang berganti-ganti. Sudah 2x saya menuju lokasi ini menggunakan BRT dan diturunkan di pintu masuk utama Trans Mall. Saat menunggu BRT untuk pulang, saya menunggu di pintu masuk sebelah kiri (depan parkiran mobil).
  • Halte Losari : Berada di bekas Rumah Makan Pualam, sebelum Circle K Pantai Losari
  • Karebosi Link : Berada di depan Karebosi Link (tempat yang sama untuk pemberhentian taksi)

Lokasi pemberhentian di mall ini masih butuh sosialisasi. Tulisan ini adalah bentuk sosialisasi untuk transportasi baru yang kini hadir di Makassar. Kita semua menginginkan kota yang memiliki tingkat kemacetan rendah. Salah satu solusi kemacetan adalah menggunakan transportasi umum, salah satunya BRT. Mari menciptakan Kota Makassar tanpa kemacetan.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

13 thoughts on “Mengenal BRT Makassar

    • 16/04/2014 at 12:52 AM
      Permalink

      Halo mbak Siti. Amin, semoga Allah mengijinkan. Kota Makassar itu keren, loh.

      Reply
    • 18/04/2014 at 9:14 PM
      Permalink

      Untuk sementara tiket BRT masih dibayar di dalam bus karena halte belum berfungsi secara maksimal. Baru 1 halte yang tersedia untuk BRT Makassar.

      Reply
  • 20/04/2014 at 12:06 PM
    Permalink

    intinya BRT Makassar masih perlu perbaikan, baik itu dari segi infrastruktur, dan kualitas pelayanan

    Reply
    • 20/04/2014 at 2:41 PM
      Permalink

      Naik BRT nggak mesti nunggu sampai perbaikannya terpenuhi semua kok. Kalau nunggu begitu macetnya jalanan di Makassar juga nggak akan berkurang.

      Reply
  • Pingback: Bersepeda; Solusi Kenaikan BBM | dimasprakoso.com

    • 02/08/2014 at 11:55 PM
      Permalink

      Jadwal pemberhentian BRT untuk sementara belum tersedia, jadi kalau mau naik BRT silahkan tunggu saja di tempat yang saya tunjukkan di postingan ini.

      Reply
  • 02/10/2014 at 2:14 PM
    Permalink

    minggu depan saya akan ke makassar sebelum meneruskan perjalanan ke toraja. saya sengaja ambil penerbangan pagi 9sampai jam 8) rencanaya dr airport mau naik damri ke kota, trus keliling2 hingga jam 4 sorantu e. menginap di aston. saya ingin keliling kota dgn kendaraan umum. ada saran tidak misalnya turun damri dimana, lalu kemana naik apa dll. thanks (u/rute ke toraja saya pakai rentcar, gak ada masalah).

    Reply
    • 03/10/2014 at 11:15 PM
      Permalink

      Halo Mia, kalau datang di Makassar jam 8 mending langsung naik bis ke kota naik bis bandara dan nanti turunnya di gedung kesenian. Setelah sampai di gedung kesenian bisa jalan kaki ke Lapangan Karebosi, disana ada halte BRT. Kalau mau jalan-jalan keliling Lapangan Karebosi juga bisa. Disana banyak spot untuk foto-foto. Lapangan Karebosi juga dulunya jadi simbol kota Makassar. Dari Lapangan Karebosi bisa naik BRT, untuk naik BRT silahkan menunggu di Karebosi Link. Setelah itu bisa naik BRT keliling kota dan turun di Pantai Losari. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Makassar. Rute persinggahan BRT ada di setiap Mall di Makassar. Oh iya, selamat berkunjung di Makassar. :)

      Reply
  • Pingback: Jalur Trayek Pete-pete Makassar | dimasprakoso.com

  • Pingback: Jalur BRT Makassar yang Belum Kalian Ketahui | dimasprakoso.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.