Mengenal URBEX People Sang Penjelajah Kota

Urban exploration atau Urbex adalah eksplorasi struktur buatan yang sering ditinggalkan, atau disembunyikan dari masyarakat umum di perkotaan. Orang yang senang melakukan aktifitas explorasi perkotaan ini sering disebut Urbex People. Para Urbex People ini pada saat melakukan eksplorasi sering mengabadikan aktifitas mereka dengan kemampuan fotografi, sehingga komunitas ini sering pula disebut komunitas fotografi perkotaan. Fotografi memainkan peran besar dalam popularitas hobi, tetapi dokumentasi historis juga menjadi faktor karena lanskap perkotaan berubah lebih cepat dari waktu ke waktu.

Urbex people Indonesia - rooftop

Secara umum diterima bahwa istilah ‘eksplorasi perkotaan’ diciptakan pada tahun 1996 oleh penjelajah Kanada Jeff Chapman, namun The Scotsman melaporkan bahwa eksplorasi perkotaan berlangsung sejauh 1793 ketika Philibert Aspairt, porter rumah sakit, diyakini telah “tersesat di tambang batu kapur di bawah Paris yang diduga saat mencari beberapa botol kuno grafik”. Kerangkanya ditemukan 11 tahun kemudian.

BACA JUGA: Pusat Penjualan Topeng URBEX

Pepatah lama “tidak mengambil apa pun kecuali foto, tidak meninggalkan apa pun kecuali jejak kaki” telah sering diterapkan pada para Urbex People. Namun, peningkatan popularitas hobi baru-baru ini telah membawa klaim bahwa aturan ini tidak lagi diikuti.

Komunitas Urbex juga sekarang bisa ditemukan di Indonesia, dan hampir ada di seluruh kota besar di Indonesia. Urbex People tersebar dimana-mana. Para penjelajah kota di Indonesia lebih sering disapa Urbex People Indonesia. Kalian bisa cek keaktifannya melalui akun-akun social media mereka.

Apakah eksplorasi perkotaan itu aman atau ilegal?

Eksplorasi kota sering berbahaya dan juga ilegal, kata juru bicara polisi menjelang persidangan Bradley Garrett. Garrett juga dituduh membobol transportasi untuk properti London untuk mengakses terowongan rel yang tidak digunakan. “Jalur kereta api, entah digunakan atau dioperasikan, adalah tempat berbahaya bagi mereka yang tidak dimaksudkan berada di sana dan pembatasan akses, yang tidak boleh dianggap enteng, ada di tempat untuk melindungi anggota masyarakat dari bahaya,” kata juru bicara polisi London.

BACA JUGA: Sejarah Guy Fawkes, Vendetta, dan Anonymous

Para Urbex People sering kali menjadi orang pertama yang mengakui bahaya dari praktik pilihan mereka dan seorang penjelajah seperti Richard Shepherd mengatakan kepada BBC News bahwa ia tidak pernah menjelajahi sendirian. “Ini semua tentang berhati-hati. Jika saya terjebak di tengah-tengah rumah sakit jiwa dan saya jatuh dan patah kaki saya harus tahu ada seseorang yang dapat menunjukkan layanan darurat di mana saya berada,” katanya.

Menjelajahi properti komersial, bahkan yang tidak digunakan, dapat juga berarti masuk tanpa izin jika Urbex People masuk ke properti tanpa izin pemilik. Banyak situs web Urbex memiliki daftar kiat untuk mematuhi hukum. Calon penjelajah disarankan untuk “meminta izin”, “hubungi polisi setempat sebelumnya” dan “jangan mengambil suvenir”.

Lokasi apa yang sering dieksplorasi Urbex People?

Partisipasi dalam eksplorasi perkotaan sangat tinggi. Namun berbagai lingkungan yang berbeda yang telah difoto dan ditemukan oleh para penjelajah terus bertambah. Di Inggris, para penjelajah telah mengambil gambar dari atas gedung pencakar langit seperti The Shard, patung-patung seperti Angel of the North dan jembatan seperti Tower Bridge dan Forth Road Bridge di Skotlandia.

Di seluruh dunia, taman hiburan yang terlantar telah menjadi sasaran khusus bagi penggemar, sebagaimana dijelaskan Weburbanist.com : “Ketika taman hiburan menjadi ditinggalkan dan keheningan yang menakutkan turun untuk menyelimuti pembusukan, atmosfer tampaknya berputar dan berubah menjadi mimpi buruk. “

BACA JUGA: Sejarah Jabbawockeez

Gambar-gambar yang diambil dari menjelajahi Taman Hiburan Six Flags di New Orleans setelah penutupan setelah Badai Katrina telah menjadi ciri gerakan Urbex.

Baru-baru ini, seorang penjelajah perkotaan di Kazakhstan menemukan sisa-sisa program ruang angkasa Uni Soviet di sebuah hanggar yang ditinggalkan di bagian timur negara itu. Menurut Boredpanda.com: “Pesawat ulang-alik adalah sisa-sisa terakhir dari program luar angkasa yang dimulai pada tahun 1974 dan akhirnya ditutup pada tahun 1993.”

Jika kalian ingin mencari hostspot yang cocok menjadi tempat eksplorasi di kota kalian, caranya cukup cek social media kalian, atau mengecek lokasi-lokasi yang telah ditandai oleh google di kota kalian. Beberapa Urbex People menggunakan cara ini untuk mengeksplorasi tempat baru di kota mereka.

Ciri khas Urbex People

  • Ada yang membawa kamera (fotografer), dan ada yang menjadi model
  • Menggunakan topeng atau masker
  • Suka mengeksplorasi bangunan tua, roof top, terowongan, jalanan kota, atau bekas pabrik yang ada di perkotaan

“Urbex adalah tentang merasa tidak terbatas” – Jake, Urbex Canberra

Tertarik untuk bergabung didalam komunitas Urban Exploration?

sumber: theweek.co.uk


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments