Menu Buka Puasa Khas Makassar

Buka puasa pakai apa yah hari ini? Hampir tiap hari pastinya pertanyaan itu yang nanti sering muncul di kepala kalian selama bulan ramadhan. Nah, karena bulan Ramadhan sudah tiba kita mau bagikan beberapa info menu yang bisa jadi menu buka puasa kalian. Selain terkenal dengan Pantai Losari, Makassar juga terkenal dengan kekayaan kulinernya. Mencoba makanan-makanan khas Makassar pasti akan membuat kalian tambah jatuh cinta sama kota Anging Mamiri ini. Apalagi buat kalian yang berada di luar Makassar, nih kalian bisa coba menu buka puasa yang termasuk kategori ringan tapi dijamin akan menggoyang lidah dan bikin buka puasa kalian terasa luar biasa.

Pallu Butung

Makanan yang satu ini terbuat dari pisang. Cara membuatnya cukup mudah hanya membutuhkan pisang, tepung beras, santan dan gula pasir. Makanan ini bisa kalian nikmati dengan sirup DHT, sirup produksi Makassar. Rasanya pas sekali pokoknya apalagi ditambah dengan es batu.

Sumber : Instagram.com

Es Cendol

Nah, kalau makananan yang satu ini hampir sama dengan es dawet makanan khas jawa. Bedanya, ukurannya jauh lebih besar dari es dawet. Kuah gula es cendol jauh lebih kental. Es cendol bisa dibuat dengan bahan tepung beras, sari daun pandan, gula merah dan santan kental.

Sumber : Instagram.com

Pallu Golla

Makanan ini mirip dengan kolak, tapi di Makassar lebih sering dibuat dengan pisang, labu kuning atau ubi jalar. Hanya membutuhkan gula merah dan santan lalu masak bahannya sampai kuahnya mengental.

Sumber : Instagram.com

Es Pisang Ijo

Siapa yang tidak kenal es pisang ijo. Pisang raja yang dibalut kulit dadar yang terbuat dari tepung beras dan sari daun pandan atau pewarna makanan aroma pandan. Pisang ijo yang sudah dikukus kemudian di siram dengan saos yang terbuat dari santan kental, jangan lupa pakai sirup DHT yah.

Sumber : Instagram.com/aisyahdiyo

Es Teler

Rasa es ini bisa bikin kalian “teler” namanya juga es teler. Tapi bukan mabok yah, cuma rasanya bikin kalian agih. Es teler sama halnya dengan es buah hanya saja membuat es teler diperlukan saos gula merah dengan bahan tertentu. Biasanya es teler ini selain menggunakan buah bisa ditambahkan kacang disco (kacang yang dibalut tepung, makanan khas Makassar), sagu mutiara dan sedikit tape ketan hitam.

Sumber : Instagram.com/mistermakan_mks
  1. Barongko

Menu yang terakhir ini berbeda, kalau bahasannya yang lain adalah es. Nah, ini jenis kue tradisional khas Makassar yang termasuk juara di Makassar. Terbuat dari adonan pisang yang sudah dihaluskan, telur, santan dan gula pasir yang kemudian di bungkus pakai daun pisang dan dikukus. Mencobanya bikin kalian nagih, ini juga bisa jadi pilihan berbuka puasa kalian. Sangat cocok menikmatinya ditemani dengan es teh.

Sumber : Instagram.com

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Makassar yang bisa jadi menu berbuka puasa kalian selama bulan Ramadhan, Selamat mencoba!


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

Leave a Reply