Menyinggung Teman di Media Sosial

Media sosial kini telah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari kehidupan kita. Mulai bangun tidur, makan siang hingga menjelang kita akan beristirahat kembali di rumah pasti tidak pernah terlewatkan aktifitas online di media sosial. Kita aktif menggunakan media sosial dalam sehari-hari adalah efek memasuki era digital. Tidak bisa dihindari lagi perubahannya ini. Kita hanya perlu beradaptasi dengan kebutuhan kita masing-masing.

Menyinggung Teman di Media Sosial

Media sosial juga kini menjadi tempat pelampiasan atau mengekspresikan rasa suka atau ketidak sukaan kepada kondisi yang dialami. Baik itu tentang teman, pacar, atau keluarga yang selalu ada disekitar mereka. Orang-orang tersebut selalu ada di sekitar kita. Ada kegiatan mereka yang kita sukai dan ada pula yang tidak kita sukai. Pasti kita pernah tidak menyukai aktifitas yang dilakukan teman kita, tapi tidak menyampaikannya secara langsung ke orangnya. Peran media sosial inilah yang menampung uneg-uneg kita tentang ketidak sukaan itu.

Hal ini dibenarkan oleh New York Times Study yang melakukan sebuah studi bahwa 68% pengguna media sosial menyebarkan konten untuk menyinggung teman-teman mereka yang ada di media sosial. Tanpa kita sadari, kita pernah menjadi bagian dari 68% tersebut. Sempat saya bertanya di timeline twitter, dan mendapatkan alasan mereka menyinggung teman di media sosial. Salah satu alasan menyinggung teman di media sosial sering dilakukan adalah karena mereka tidak berani bicara langsung. Alasan ini diungkapkan oleh @RynHar_.

Alasan menyinggung di media sosial
Alasan menyinggung di media sosial

Tahukah kalian kalau menyinggung di media sosial tidak akan menyelesaikan masalah? Media sosial memiliki banyak pengguna. Kalian juga pasti memiliki friends/followers yang banyak, dan bukan hanya dia (orang yang ingin disinggung) yang menjadi teman/followers di media sosial. Tentu ini menjadi tidak efektif untuk menyampaikan rasa suka atau ketidak sukaan kalian. Pesan yang ingin disampaikan tidak sampai pada orang yang ditujukan. Bahkan, lebih buruknya lagi teman yang lain malah kena singgungan tersebut. Sebagai contoh: Jika kamu mempunyai 10 orang friends di facebook, dan kamu ingin menyinggung 1 orang diantaranya karena memiliki bau badan yang sangat tidak sedap. Dibuatlah sebuah postingan status “Badanmu bau sekali seperti bau terasi”, dan 10 orang temanmu tersebut membacanya. Beberapa diantaranya tersinggung karena beberapa waktu sebelumnya mereka berjalan sama kamu. Efeknya adalah hubungan pertemanan dengan beberapa orang yang tersinggung tersebut bisa ikut renggang.

Benar, media sosial memang seperti jalan raya yang ramai dengan kendaraan. Saat kita ingin mengelakson satu orang di jalan raya, maka pengguna jalan raya yang lain akan ikut tersinggung oleh suara klakson kita. Sekarang, masih mau menyinggung di media sosial?


Dapatkan info media sosial lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

2 thoughts on “Menyinggung Teman di Media Sosial

  1. Tri Wahyudi Reply

    kalau menurut saya mereka cenderung bingung mencari tempat curhat dan seolah sosialmedia adalah tempat curhat yang aman.. padahal sebaliknya…. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.