Mie Titi; Mie Kering yang Berkuah

Makassar merupakan kota yang tidak pernah habis jika kita membahas kulinernya. Kota ini seperti punya dapur besar yang bisa menghasilkan aneka menu lezat. Sekarang saya akan mengenalkan kalian dengan salah satu kuliner khas Kota Makassar.

Mie Titi Makassar

Menu makanan yang ingin saya kenalkan adalah mie titi.  Mie titi merupakan yang telah digoreng kering, yang telah disiram oleh kuah kental bercampur sayuran, potongan tebal daging ayam, dan bakso goreng. Jika kalian beruntung kalian bisa menemukan campuran seafood (udang) pada kuah kentalnya. Kuah kental yang ada di mie titi dihasilkan dari campuran telur, dan tepung.

Kurang lengkap rasanya menikmati seporsi mie titi tanpa perasan jeruk nipis dan beberapa cabe rawit yang harus kita potong-potong sendiri diatas piring mie titi tersebut. Orang Makassar kebanyakan suka dengan jeruk nipis atau yang rasanya agak kecut, makanya jangan kaget kalau setiap warung makan di Makassar akan tersedia juga beberapa mangkuk yang telah terisi penuh dengan jeruk nipis. Bahkan pada cabe rawit yang menjadi teman makan dari mie titi pun telah direndam oleh kuah cuka. Sensasi rasanya pun akan menjadi pedas kecut, dan itu menjadi khas saat menikmati mie titi. Kalian harus mencobanya nanti.

Rumah makan yang sudah terkenal dengan menu mie titinya adalah rumah makan Mie Titi. Tempat ini adalah rumah makan pertama yang menjual menu mie titi. Pembuat menu tersebut juga pendiri awal dari Mie Titi. Banyak yang ingin mengikuti dan menyediakan menu mie titi, tapi rasanya beda. Banyak yang berusaha membuat menu mie titi, tapi kadang ada yang kuahnya terlalu encer, atau sayurnya kurang, atau tidak ada bakso gorengnya, atau yang paling vital adalah tidak menyediakan cabe rawit rendaman kuah cuka tadi.

Mie Titi Makassar

Hal unik lainnya yang bisa kalian temukan dari mie titi di Mie Titi adalah harga menu perporsi yang ditawarkan. Mie Titi menyediakan mie titi porsi besar dan porsi kecil. Dari segi kuantitas isinya kelihatan sangat berbeda, namun harga kedua porsi tersebut tidak beda jauh. Kedua porsi ini hanya selisih Rp. 1.000 saja. Seporsi mie titi porsi besar harganya Rp. 28.000, dan mie titi porsi kecil harganya Rp. 27.000. Banyak orang yang tidak mau merasa rugi, dan akhirnya mengambil mie titi porsi besar.

Kalian tidak akan susah menemukan rumah makan Mie Titi saat sedang liburan di Makassar. Mie Titi telah membuka banyak cabang di Kota Makassar dan di kabupaten sekitarnya.

Berikut lokasi Mie Titi yang dapat kalian kunjungi saat berada di Makassar:

  • Mie Titi jalan Irian
  • Mie Titi BTP
  • Mie Titi Jalan Perintis Kemerdekaan
  • Mie Titi Jalan Bulukunyi
  • Mie Titi Jalan Boulevard
  • Mie Titi Hertasning
  • Mie Titi Antang
  • Mie Titi Jalan Datumuseng
  • Mie Titi Daya
  • Mie Titi┬áSungguminasa

Sebelum kalian mencicipi menu mie titi ini, sebaiknya kalian merencanakan diri dulu untuk liburan di Makassar.

Kapan kalian liburan di Makassar?


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.