Pasa’ Tedong Toraja, Pasar Bertransaksi 1 Miliar Perhari

Salah satu daerah yang menyimpan pesona budaya yang tinggi adalah Toraja. Semua proses adat yang ada di Toraja memiliki daya tarik yang hebat tidak hanya untuk wisatawan lokal, wisatawan internasional pun seperti berlomba untuk mengunjungi Toraja.

Sebuah tempat yang sangat unik, yang wajib kalian kunjungi saat liburan di Toraja adalah Pasa’ Tedong (pasar kerbau). Pasa’ Tedong adalah tempat berkumpulnya pedagang dan pembeli kerbau yang hari pasarnya berlangsung setiap hari selasa dan sabtu.

Biasanya pedagang dan pembeli lebih ramai pada hari sabtu, sedangkan pada hari selasa tetap merupaka hari pasar, namun tidak seramai pada hari sabtu karena pedagang kerbau yang berasal dari luar Toraja kesulitan pada biaya transportasi yang tinggi jika hari bolak-balik 2x seminggu. Selain itu alasan space untuk berjualan juga tidak banyak. Pedagang kerbau sering berjualan dibawah pohon di wilayah Pasa’ Tedong.

Kondisi Pasa’ Tedong tidak seperti pasar tradisional lainnya yang disediakan atap, dan lapak berjualan oleh pengelola pasar. Sebagian besar Pasa’ Tedong merupakan hamparan tanah lapang, hanya ada sekitar 20% saja yang ada atapnya. Para pedagang membawa turun semua kerbau jualannya ke tanah lapang untuk kemudian menunggu ada pembeli yang tertarik dengan kerbau jualannya. Jumlah kerbau pada hari sabtu di Pasa’ Tedong bisa mencapai 1200-an ekor kerbau.

Liburan ke Toraja - Pasa' Tedong
(Sumber: dimasprakoso.com)

Kerbau yang ada di Pasa’ Tedong tidak hanya dari Kabupaten Toraja saja, kabupaten sebelah misalnya Mamasa, dan Luwu Utara juga turut serta dijual disana. Para pedagang biasanya mencari kerbau di pedesaan, kemudian dijuallah kerbau-kerbau tersebut di Pasa’ Tedong.

Kerbau yang dijual di Pasa’ Tedong pada umumnya hanya untuk upacara tradisional di Toraja. Kesempurnaan fisik dari seekor kerbau disini sangat terjaga, kerbau yang biasanya digunakan untuk membajak sawah tidak dijual di Pasa Tedong dengan alasan fisiknya sudah tidak sempurna lagi, misalnya ada patahan ditanduk, bekas luka di kaki atau badannya. Fisik yang sempurna, terawat, dan tanpa lecet akan meningkatkan harga seekor kerbau.

Harga seekor kerbau di Pasa’ Tedong bisa kalian dapatkan mulai harga jutaan rupiah, sampai angka miliaran rupiah. Harga kerbau yang paling murah disini namanya tedong hitam dengan harga kisaran 12 juta rupiah. Selanjutnya ada kerbau dengan jenis tedong sori yang bisa didapatkan dengan harga 26 juta rupiah, dan harga kerbau yang paling mahal dimiliki oleh kerbau jenis tedong lotong boko dengan harga menembus ratusan juta rupiah.

Liburan ke Toraja - Pasa' Tedong - Tedong Bonga
(Sumber: dimasprakoso.com)

Tidak hanya kerbau yang dijual di Pasa’ Tedong, tali kerbau dan rumput sebagai pakan juga dijual disini. Tali kerbau disini dijual mulai Rp 8.000 – Rp 50.000. Rumput di Pasa’ Tedong banyak dijual dalam ukuran karung. Penjualnya malah dari luar Toraja juga

Pasa’ Tedong memiliki banyak keunikan. Harga jual yang tinggi membuat angka transaksi perhari di Pasa’ Tedong bisa menembus 1 miliar rupiah. Bayangkan saja jika ada 10 ekor kerbau jenis tedong boko yang laku, maka angka transaksi sudah pasti akan tembus dalam sehari, belum lagi dengan transaksi untuk kerbau jenis lain.

Keunikan lainnya dari Pasa’ Tedong adalah setiap transaksinya dilakukan secara tunai. Setiap transaksi jual beli dilakukan secara tunai dengan nilai puluhan juta rupiah. Mereka berlandaskan rasa saling percaya, namun tetap dilakukan secara berhati-hati. Bahkan ada yang melakukan transaksi sambil berjongkok disamping mobil truk dari penjual kerbaunya.

Selain itu Pasa’ Tedong juga punya keunikan lainnya yaitu menjadi  salah satu pasar hewan terbesar di Indonesia. Menurut salah satu penelitian dari Universitas Kristen Duta Wacana, luas dari Pasa’ Tedong lebih dari 1 Ha, dan dapat menampung hingga 1200-an ekor kerbau.

Liburan ke Toraja - Pasa' Tedong - Tedong Silaga
(Sumber: dimasprakoso.com)

Jika kalian sedang ingin berliburan ke Toraja, sebaiknya kalian merencanakan kunjungan ke Pasa’ Tedong. Pasa’ Tedong bisa kalian temukan di Kecamatan Tallunglipu, Kab toraja utara setiap hari selasa dan sabtu. Pasa’ Tedong buka mulai dari jam 07.00 pagi sampai jam 04.00 sore.

Kalian bisa menggunakan jaringan internet cepat 4G XL di Toraja untuk menemukan lokasi Pasa’ Tedong di google maps nanti.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments