Pesona Pulau Samalona

Beruntungnya kita kalau tinggal di Makassar karena kalau butuh liburan ke pulau, tapi Cuma punya waktu satu hari, maka kalian masih bisa liburan. Tidak usah jauh-jauh keluar Makassar karena dengan sekitar 500 meter dari pantai losari, dan kalian sudah bisa sampai ke pulau. Pulau apalagi kalau bukan Pulau Samalona. Hari minggu, jam 7 pagi, tim dimasprakoso.com berada di jalan penghibur, lokasi tepatnya berada sebelum Benteng Rotterdam. Ada lorong kecil yang jadi tempat kumpulnya perahu motor menuju Pulau Samalona.

Sumber: kapanlagi.com

Disana kami memakai 2 perahu. Menuju Pulau Samalona, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 2 km dengan menggunakan perahu motor. Jasa sewa perahu motor bisa ditemukan di dermaga Kota Makassar yang letaknya tidak jauh dari Pantai Losari. Lalu lintas di dermaga ini selalu sibuk karena dermaga ini tidak hanya melayani wisatawan yang mau berkunjung ke pulau, tapi juga melayani lalu-lintas warga dan para pedagang pulau.

Harga sewa perahu motor bervariasi, tergantung tujuan dan sifat penyewaan. Terdapat dua jenis penyewaan perahu motor, yakni penyewaan untuk keperluan pribadi atau umum. Penyewaan pribadi karena perahu motor disewa secara penuh dan akan menemani wisatawan sampai kunjungan selesai. Harga sewa perahu secara pribadi menuju Pulau Samalona berkisar Rp 500.000 – akan lebih murah jika pengunjung pintar saat menawar harghu kepada pemilik perahu. Penyewaan bersifat umum, wisatawan akan bergabung dengan penumpang lain yang satu tujuan dan kembali sesuai dengan jam yang sudah ditentukan. Tentu dengan harga sewa yang berbeda.

Sumber: indonesiakaya.com

Dari dermaga Kota Makassar, perjalanan menuju Pulau Samalona dengan menggunakan perahu motor memerlukan waktu sekitar 30 menit. Dari jarak sekitar 100 meter sudah kelihatan hamparan pasir putih, dan beningnya air di pulau samalona. Setelah sampai disana, kami menyewa dua bale-bale (tempat duduk dari bambu atau kayu yang berukuran besar). Satu bale-bele disewakan seharga Rp 100.000.  Setelah transaksi untuk bale-bale, dan menyimpan barang, kami tidak membuang-buang waktu, langsung ganti baju, dan nyemplung ke air.

Setelah capek berenang, kami membuka bekal masing-masing. Setelah makan, masih ada waktu untuk ganti baju dan jalan-jalan mengelilingi pulau. Pulau ini masih ada penghuninya, dan juga cottage yang disediakan untuk kalian yang mau menginap. Pulau samalona sebenarnya tidak terlalu besar, jadi kita bisa foto-foto diberbagai sisi pulau yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini. Kebetulan waktu itu sedang ada pemotretan, jadi tidak salah kalau Pulau Samalona ini menjadi salah satu pulau yang indah,

Jika kalian berencana liburan ke Pulau Samalona, maka siapkan bekal, sarung Bali, dan pastinya datang pagi sekitar jam 6 akan lebih bagus. Sebaiknya saat pulang sebelum jam 5 sore agar tidak merasakan ombak yang lumayan bikin perahu“joget”. Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kebersihan di pulau juga, yah. Mari kita bersama jaga alam yang indah ini.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.