Sejarah Guy Fawkes, Vendetta, dan Anonymous

Selama beberapa waktu belakangan ini saya menjual topeng Anonymous yang melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Beberapa orang menanyakan “topeng apakah itu?”, dan saya pun menjawabnya dengan singkat, padat dan jelas.

Sekarang saya akan menceritakan dengan lebih panjang lebar mengenai sejarah anonymous/vendetta, dan asal muasalnya. Mari kita mulai.

Banyak yang mengira kalau Anonymous merupakan sebuah organisasi. Sebenarnya mereka merupakan kelompok besar yang tidak memiliki struktur yang jelas. Anonymous merupakan kelompok besar yang berasal dari individual, yang mempunyai ketertarikan yang sama. Jika disimpulkan, semua orang bisa menjadi sosok Anonymous.

Kalau kalian merupakan pengguna internet aktif pasti kalian pernah mendengar “Hacker Anonymus”. Pada tahun 2010 istilah Anonymous mulai sering terdengar. Anonymous adalah kelompok Aktivis atau “Hacktivis” yang dibentuk pada tahun 2003. Anggota Anonymous tersebut mempunyai ciri khas selalu mengenakan V for Vendetta atau Guy Fawkes.

Sejarah Anonymous, Guy Fawkes, Vendetta

Guy Fawkes adalah seorang prajurit Inggris yang menentang pemerintahan dan menjadi tokoh utama dari rencana peledakan Kerajaan Inggris pada tahun 1605. Rencana peledakan itu dikenal dengan nama Gunpowder Plot.

Pada tahun 1982 cerita pemberontakan Guy Fawkes diangkat menjad sebuah cerita komik di Inggris berjudul V for Vendetta. Masih dengan tema pemberontakan oleh seseorang yang mewakili kaum bawah kepada pemerintahan yang berkuasa. Seseorang tersebut menggunakan topeng yang bernama Guy Fawkes. Banyak yang menyukai komik tersebut hingga akhirnya pada tahun 2006 cerita Guy Fawkes diangkat menjadi film layar lebar dengan judul V for Vendetta.

Sedangkan nama Anonymous sendiri, dari mana sih asalnya?

Nama Anonymous sebenarnya berasal dari anonimitas user yang biasa memposting sesuatu di internet. Banyak orang yang memilih untuk tidak menyebut identitas pribadinya di dunia maya. Konsep Anonymous semakin mantap pada tahun 2004. Ketika itu, administrator di forum 4chan mengaktivasi protokol Forced-Anon yang membuat semua postingan bernama Anonymous.

Sejarah Anonymous, Guy Fawkes, Vendetta

Aksi Anonymous memang selalu mampu mendapatkan perhatian. Kelompok hacker ini sudah berulang kali menyerang situs-situs pemerintahan. Misalnya; bentuk dukungannya terhadap palestina, kelompok hacker Anonymous meretas situs pemerintahan Israel. Kasus lainnya mengenai kelompok hacker Anonymous meretas situs pemerintah Islandia atas bentuk penolakan aksi praktik perburuan ikan paus di Islandia. Sangat sulit diketahui siapa saja orang yang berada dibelakang aksi tersebut.

Selama beberapa tahun terakhir para “Anonymous Army” sedunia melakukan Pawai Sejuta Topeng atau Million Mask March setiap tanggal 5 November. Mereka membawa pesan protes terhadap korupsi, peperangan dan masih adanya kemiskinan kepada pemerintahan di dunia. Social media digunakan untuk media penyebaran info gerakan Pawai Sejuta Topeng/Million Mask March.

Salah satu semboyan mereka yang terkenal adalah:

We are Anonymous. We are Legion. We do not forgive. We do not forget. Expect us.

Kelompok Hacker Anonymous sering melakukan serangan ke berbagai website penting sebagai tanda protes atas ketidak adilan yang terjadi.

Sejarah Anonymous, Guy Fawkes, Vendetta

Pada beberapa kasus yang lain, ada beberapa anggota Anonymous yang berhasil ditangkap dan diadili atas tindakannya, namun aksi penangkapan tersebut tidak membuat jumlah aksi peretasan kelompok hacker Anonymous menurun.

Sudah tahukan mengenai sejarah Guy Fawkes, Vendetta, dan Anonymous? Kalau kalian tertarik dengan karakter ini, silahkan hubungi kami karena kami menjual topeng Anonymous yang menerima pemesanan ke seluruh Indonesia. Ayo order sekarang karena WE ARE ANONYMOUS.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

Leave a Reply