Solusi menghadapi Ketakutan

Salah satu sifat yang sering kali menghambat perkembangan gerak dalam berfikir kita adalah sifat keraguan. Keraguan yang dibahas kali ini adalah keraguan yang berasal dari ketakutan yang berlebih, dan sering kali membuat kita terjebak dalam ketidak pastian. Rasa takut sendiri adalah mencari-cari kesalahan dengan masa depan. Keraguan hasil dari ketakutan tentang masa depan yang tidak pasti inilah yang membuat kita larut dalam masalah, dan dapat memperbesar masalah karena lama dalam menyelesaikannya.

Pooh dan piglet solusi dari ketakutan

Kita sering hanyut dalam sifat keraguan karena kita ditakuti dengan kemungkinan buruk yang terjadi kedepannya. Saya pernah membaca sebuah cerita dari Ajahn Brahm yang berjudul “Bagaimana jika tidak terjadi?”. Ceritanya tentang Piglet dan Pooh yang akan memasuki hutan namun mereka ragu untuk melalui hutan tersebut. Piglet yang memiliki sifat penakut mulai berimajinasi tentang kemungkinan buruk yang akan terjadi jika mereka melalui jalanan hutan. Binatang buas, hantu, jebakan, perampok, dan lain sebagainya ada dalam imajinasi si Piglet. Namun, Pooh hanya mengatakan, “bagaimana jika tidak terjadi?”. Pertanyaan Pooh ini seperti menghapus seketika imajinasi tentang kemungkinan buruk yang dimiliki Piglet.

Ketakutan memang semacam lubang yang membuat kita terjebak pada suatu permasalahan berfikir. Kita semacam berputar pada kemungkinan buruk yang kita ciptakan sendiri di imajinasi kita. Salah satu cara untuk menghilangkan ketakutan adalah dengan tidak terlalu lama dengan kemungkinan-kemungkinan yang kita ciptakan tersebut. Mari berpositif dalam berpikir dan beranggapan kalau kedepannya akan berjalan dengan lancar dengan segala kekurangan dan kelebihan.

Selesaikan keraguan tersebut dengan bertanya pada diri sendiri, “bagaimana jika tidak terjadi?”. Semoga dengan pertanyaan ini dapat menghilangkan keraguan kita dengan lebih cepat.

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.