Tips Memulai Berjualan di Facebook

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengembangkan bisnis kalian di Makassar dengan digital marketing, sebaiknya kita mulai dari bagian yang paling sederhananya terlebih dahulu yaitu social media marketing. Facebook masih menjadi social media dengan jumlah pengguna tertinggi menurut data We Are Social 2019, dan kita bisa awali dengan tips memulai berjualan di Facebook.

facebook marketing makassar -tips memulai berjualan di facebook 1

Bangunlah Profile Bisnis Kalian

Ada beberapa langkah yang dibutuhkan dalam menyiapkan Fanpage Facebook, tetapi langkah sederhana untuk mendapatkan interaksi yang tinggi adalah dengan meluangkan waktu untuk mengoptimalkan facebook.

Mulailah dengan menjadikan Fanpage Facebook kalian mudah ditemukan dengan menggunakan username yang sederhana sehingga orang-orang tahu siapa kalian. Jika kalian telah menjadi brand yang cukup besar, tingkatkan jumlah bintang review, dan daftarkan brand kalian ke Facebook untuk mendapatkan verifikasi centang biru.

Manfaatkan juga penggunaan looping video pada headers facebook atau foto profile. Video berdurasi pendek yaitu hanya 20 detik ini adalah penarik perhatian yang baik. Pada umumnya orang-orang masih menggunakan foto untuk gambar profile atau headers, lalu ketika ada yang menggunakan looping video pada profile facebooknya maka seseorang akan fokus pada sesuatu yang bergerak tersebut.

Lengkapi juga identitas profile facebook kalian,misalnya mengenai informasi alamat, info kontak, dan jam operasional dari bisnis kalian.

facebook marketing makassar -tips memulai berjualan di facebook 2

Dorong traffic ke Facebook

Jika kalian baru memulai jualan, beri tahu audiens dimana pun kalian berada. Kemungkinan mereka mempunyai Facebook juga. Dapatkan lebih banyak Like untuk fanpage dengan menambahkan tombol Follow atau Share ke website atau blog kalian. Promosikan juga dengan memasukkan link fanpage Facebook kalian di bio social media kalian yang lainnya misalnya Instagram, Twitter, dll.

Jangan lupakan peran dunia nyata dalam mempromosikan fanpage Facebook kalian misalnya kartu nama, dan materi promosi juga dapat menyertakan URL atau username fanpage facebook.

facebook marketing makassar -tips memulai berjualan di facebook 3

Konversikan yang penasaran

Mengirim undangan massal untuk menyukai fanpage kalian bisa terasa agak tidak personal, atau lebih buruk sama seperti spam. Luangkan waktu untuk menyusun pesan yang menguraikan mengapa seseorang harus menyukai fanpage kalian.

Cara baik untuk mengkonversi interaksi menjadi Like fanpage adalah dengan mengundang orang yang sudah menyukai salah satu pos kalian untuk mengambil langkah selanjutnya yaitu mengundang orang tersebut untuk menyukai fanpage kalian.

Caranya cukup klik pada daftar nama di bawah posting. Di jendela, gulir ke bawah dan klik tombol undang seperlunya. Jangan malu-malu: orang-orang ini sudah menunjukkan dukungan dan minat pada apa yang kalian lakukan.

facebook marketing makassar -tips memulai berjualan di facebook 4

Pamerkan karya terbaik kalian

Sebagai administrator fanpage, kalian dapat menyematkan pos agar tetap diingat oleh pengunjung. Baik itu pengumuman, promosi, atau hanya pos berkinerja tinggi yang sudah dicintai audiens kalian. Manfaatkan kesempatan itu untuk mendapatkan lebih banyak yang melihatnya.

Kalian dapat menyematkan posting dengan mengeklik tombol elipsis di sudut kanan atas pos.

Tips: Ingatlah untuk membuat postingan kalian tetap segar dengan memutarnya setiap beberapa minggu, terutama jika itu sensitif terhadap waktu.

facebook marketing makassar -tips memulai berjualan di facebook 5

Bersikap ramah

Dale Carnegie mengatakan, “suara termanis adalah nama seseorang. Di Facebook, sepertinya suara termanis adalah notifikasi ping”.

Beberapa online shop pada kelas UKM yang telah mempunyai jumlah likers fanpage yang banyak sering kali melupakan tentang keramahan dalam menyapa konsumennya. Sama saja seperti kalian yang ingin diperlakukan ramah saat mengunjungi toko offline.

Cara lain bersikap ramah di facebook bisa dengan me-mention seseorang di pos, dan mereka lebih mungkin membagikan pos itu dengan teman-teman mereka. Jika Anda sebuah merek, menyebut merek lain akan membuat merek tersebut membalas dengan menyebut merek kalian. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan interaksi organik.

Mengembangkan bisnis di facebook tentu banyak yang harus diperhatikan. Bukan tentang posting-posting saja.

Jika kalian tidak ada waktu dalam membagi waktu antara produksi dan pemasaran produk di social media kalian juga dapat mendelegasikan tugas ini kepada jasa profesional di bidang facebook marketing.

Summary
Review Date
Reviewed Item
dimasprakoso.com
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments