Usaha Melampaui Keterbatasan Mimpi

Perkenalkan saya adalah salah satu nama yang terletak di barisan Tim Sosialisasi Kelas Inspirasi Makassar. Nama saya Dimas Prakoso. Menjadi barisan Tim Sosialisasi merupakan tugas yang saya senangi karena dapat berinteraksi dengan banyak orang. Selain itu mampu melatih pola komunikasi kedepannya, oleh karena itu mengerjakan job description pada tim ini tidak pernah sedikitpun merasa keberatan. Saya memiliki satu alasan utama yang membuat pekerjaan ini menjadi ringan.

Saya bergerak karena senang dengan latar belakang kelas inspirasi ini. Gerakan yang mencoba mempertemukan antara kaum profesional dan siswa-siswa SD. Mereka dipertemukan dalam satu ruang kelas dan mendapatkan cerita pengalaman dari kaum profesional sebagai pengajar. Konsep yang terlahir dari Indonesia Mengajar ini merupakan akses yang baik untuk membuat kaum profesional mampu turun langsung pada bidang pendidikan. Terkadang kita beranggapan, “pendidikan adalah tugasnya para guru”. Itu merupakan salah besar. Pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama. Salah satunya dengan menginspirasi mereka melalui profesi-profesi yang hadir di Kelas Inspirasi. Saya senang dengan dunia pendidikan dan saya masih peduli kepadanya. Inilah yang membuat saya bisa menyisihkan waktu sambil tersenyum kepada gerakan ini.

Salah satu kegiatan yang menjadi job description tim sosialisasi Kelas Inspirasi Makassar adalah melakukan sosialisasi pada beberapa titik yang memiliki konsentrasi massa yang cukup banyak. Hari ini, Rabu 27 Februari 2013 kami melakukan street campaign di lampu merah yang berada di bawah fly over. Sore hari kepadatan kendaraan disana berada pada puncaknya. Jalanan ini menjadi akses penghubung untuk wilayah bisnis dan yang lainnya. Di waktu itu pula mereka (kaum pekerja) seakan sepakat untuk kembali ke rumah bersama-sama. Moment inilah yang coba kami manfaatkan.

Kelas Inspirasi Makassar
Berdiri di samping banner Kelas Inspirasi yang berada di pinggir jalan.

Pada pukul 15.00 jumlah Penyala Makassar yang telah siap mensosialisasikan Kelas Inspirasi Makassar berjumlah 10 orang. Hari ini kami membagi tugas, ada yang menggunakan pakaian profesi, human banner, dan membagikan brosur. Pakaian profesi yang disediakan ada 3 buah, diantaranya adalah dokter, kontraktor dan pakaian wisuda. Ini mengartikan bahwa kelas inspirasi mewadahi kaum professional dengan basic profesi yang berbeda-beda. Human banner disini berperan sebagai menyampaikan pesan media visual. Properti aksi yang telah mencetak kalimat ajakan untuk bergabung di Kelas Inspirasi Makassar pun di cetak besar di sini. Bertujuan agar pengguna jalan yang singgah bisa membaca pesan kami melalui para human banner yang telah berdiri. Tim terakhir yang hadir pada hari ini adalah pembagi brosur. Mereka bertugas membagikan brosur kepada pengguna jalan yang singgah di lampu merah. Keterbatasan pesan yang disampaikan oleh human banner sedikit tertutupi oleh tim ini. Mereka memberikan brosur yang memiliki penjelasan tentang Kelas Inspirasi lebih baik. Tapi, pembagi brosur hanya memiliki waktu yang sedikit pada lampu merah, sehingga hanya sedikit yang mendapatkan brosur.

Kelas Inspirasi Makassar
Mengangkat papan statement tentang Kelas Inspirasi

Berbagai ekspresi dari sosialisasi hari ini telah saya dapatkan. Ada yang menerima brosur yang kami berikan dengan disambut senyum ramah. Ada yang kebingungan melihat kegiatan yang kami adakan. Ada yang beranggapan kalau kami sedang demonstrasi untuk menuntut kebijakan-kebijakan pemerintah seperti yang mereka lihat dijalan-jalan. Ada pula yang sampai tidak ingin menerima brosur yang kami tawarkan. Apa salahnya menerima dan membacanya sesampai dirumah? Tapi sudahlah, saya tidak ingin mengutuk kegelapan lagi. Kegelapan tentang ego-ego pribadi. Setidaknya pesan yang kami sampaikan pada hari ini ada yang membaca meski hanya sebatas sekilas.

Hari ini kami telah sedikit melampaui keterbatasan yang hadir sebelumnya tentang cara berkomunikasi dan bersosialisasi dalam waktu singkat. Semoga dari hari ini juga kami akan melampaui keterbatasan mimpi yang dimiliki siswa-siswa di SD, dengan menghadirkan pengajar profesional dari berbagai profesi di hadapan mereka.

Kelas Inspirasi Makassar
Potongan kata yang menjadi sebuah kalimat ajakan bergabung Kelas Inspirasi.

Salam hormat dari saya Anggota Tim Sosialisasi Kelas Inspirasi Makassar.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.