Waspada 6 Penyakit ini Saat Musim Hujan

Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan. Fenomena banjir sudah mulai nampak di beberapa kota di Indonesia. Meskipun Makassar belum merasakan banjir parah seperti di daerah Bandung baru-baru ini, tapi itu bukan alasan untuk bersantai karena kita tahu sendiri bahwa ada beberapa penyakit yang siap mengintai meskipun dari genangan air, dan udara lembab di musim hujan. Setelah kalian membaca 8 hal yang harus kamu siapkan di musim hujan, maka sebaiknya mengenali beberapa penyakit yang siap mengintai saat musim hujan:

Flu (influenza)

Penyakit musim hujan Flu

Penyakit flu dan pilek adalah penyakit yang sangat umum ditemui saat musim hujan. Penyebab flu dan pilek mudah menyerang kita karena disebabkan oleh virus yang banyak menyebar pada musim hujan. Tentunya ini sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Beraktifitas akan menjadi tidak nyaman karena bersin-bersin, dan hidung tersumbat. Cara mengantisipasi terjangkit flu ataupun meredakan flu bisa dengan cara sederhana. Perbanyak minum air putih, perbanyak konsumsi vitamin C, dan beristirahat yang cukup.  Vitamin C sangat bagus dikonsumsi karena dapat meningkatkan imun atau daya tahan tubuh kalian di musim hujan. Mudahnya kita terserang penyakit juga dikarenakan daya tahan tubuh kita menurun.

Diare

Penyakit musim hujan Diare

Diare, Lagi-lagi penyakit yang bisa muncul jika kalian kurang memperhatikan kebersihan. Penyakit ini umumnya muncul saat musim hujan apalagi untuk daerah yang terkena banjir. Penyebabnya karena parasit yang mengontaminasi sumber air kita. Indikasi diare yang parah salah satunya dehidrasi karena tinja yang encer dan terus menerus keluar. Biasanya orang akan mengonsumsi oralit, tapi harus dengan dosis yang ditentukan oleh dokter, yah.

Demam berdarah

Penyakit musim hujan Demam berdarah

Musim hujan membuat peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk inilah yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Tempat-tempat perindukan nyamuk ini biasanya ada di genangan-genangan air, tempat-tempat bekas terisi air dan sampah. Pencegahan penyakit ini tentu sudah sering kita dengar, yaitu 3M. Mengubur sampah-sampah, menguras tempat penampungan air dan menutup tempat penyimpanan air.

Kudis

Penyakit musim hujan kudis

Kudis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Penderita biasanya merasakan gatal di bagian badan. Celakanya lagi karena meskipun kita sudah membersihkan badan atau mandi, rasa gatalnya bisa kembali (terutama pada malam hari), dan akhirnya membentuk benjolan merah yang bersisik. Hal ini terjadi karena tungau ini tahan terhadap air hangat dan sabun, jadi untuk pengobatannya membutuhkan bantuan medis. Apalagi jika kalian sudah pernah terkena kudis, kemunculan penyakit ini akan muncul lebih cepat. Biasanya dokter akan akan memberikan salep atau krim yang mengandung insektisida untuk membunuh tungau.

Kurap

Penyakit musim hujan Kurap

Karena  sama-sama menimbulkan ruam, antara kurap dan kudis kadang susah dibedakan secara kasat mata. Tapi ada cara gampang untuk mengenalinya yaitu lihatlah dibagian mana ruam ini muncul. Kudis umumnya muncul di daerah badan sedangkan kurap umumnya muncul di beberapa area lipatan kulit, seperti sela-sela jari kaki, tangan dan sebagainya. Penyakit ini juga tidak mengenal usia, bisa terjadi pada anak-anak sampai dewasa. Tenang, jika kalian tidak mau mengalami penyakit ini cukup rajin cuci tangan dan rajin membersihkan rumah.  Cara penanganannya bisa dengan mengoleskan salep yang dijual bebas dan biasanya diperlukan juga tablet anti jamur yang diresepkan dari dokter.

ISPA

Penyakit musim hujan Sesak napas

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) mungkin belum banyak yang tau. Penyakit ini mempunyai gejala seperti hidung tersumbat atau berair, batuk dan tenggorokan terasa sakit, paru-paru terasa terhambat. Untuk gejala parahnya biasanya timbul demam, sesak napas sampai pingsan karena tingkat oksigen dalam darah rendah. Semua ini karena virus dan sayangnya belum ada obat yang efektif untuk memberantas virus ini. Hanya saja kita direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin C, menjaga kebersihan tangan dan saat bersin atau batuk, pastikan menutupnya dengan tisu atau tangan.

Kesehatan adalah aset paling berharga dalam hidup kita. Menjaga pola hidup sehat tentu dapat mengantisipasi diri kita terjangkit penyakit saat musim hujan. Pastikan juga kalian telah menyelesaikan 8 Hal Yang Harus Disiapkan di Musim Hujan ini


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
All in One Schema.org Rich Snippets
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

Leave a Reply