Review Buku: Televisi

Penulis: Raymond Williams
Judul Buku: TELEVISI
Penerbit: Resist Book
Tahun penerbitan: 2009
Jumlah halaman: 218

Buku ini membuka pemikiran kita tentang Televisi yang telah mengubah dunia kita tentunya. Kalian semua pasti tidak asing lagi dengan media penyiaran yang satu ini. Orang-orang terkadang menganggap televisi sebagai kotak yang penuh dengan hiburan semata. Mereka terjebak dengan program-program penyiaran tersebut. Program-program yang disajikan sebenarnya tak lepas dari kepentingan-kepentingan beberapa pihak. Politik dan pemilik modal menggunakan televisi sebagai kontrol sosial. Kemampuan televisi untuk menyebarkan informasi kedua tercepat setelah internet dan itulah alasan mereka menyisipkan kepentingannya.
Buku ini memiliki beberapa Bab yang tentunya menarik untuk di baca, yaitu:
    • Teknologi televisi dan masyarakat
    • Lembaga-lembaga penyiaran televisi
    • Bentuk-bentuk tayangan televisi
    • Pemrograman acara televisi: distribusi dan alur rangkaian acara
    • Dampak-dampak dari kehadiran televisi
  • Teknologi alternatif, pemanfaatan alternatif
Buku ini menurut saya sangat bagus karena mampu membuka tujuan-tujuan yang disisipkan dari sebuah teknologi. Media sosial yang selama ini dimanfaatkan sebagai sumber informasi pun mampu mengalami pembiasan atau dibiaskan oleh beberapa kelompok. Acara debat kandidat menjelang pemilihan kepala pemerintahan yang ditayangkan di televisi mampu di design sedemikian untuk membentuk mindset kita tentang calon pemimpin yang ideal. Proses komunikasi 1 arah menjadi kelebihan dari program televisi tersebut. Kurangnya interaksi dari masyarakat untuk menilai, memberi komentar atau pertanyaan kepada pemimpinnya dimanfaatkan untuk menciptakan debat yang tersistematis oleh si pemilik media.
Program berita yang disajikan di televisi pun tak jauh beda. Berita-berita yang tak biasa, bertemakan kekerasan menjadi bahan yang tak pernah lepas dari pemberitaan saat ini. Keresahan pun tertanam di kepala sang penikmat televisi. Peran edukasi yang seharusnya hadir ditelevisi pada setiap program-programnya tak terlihat disini. Terlebih pada berita-berita investigasi yang kini semakin banyak hadir di televisi swasta kita saat ini.
Dibuku lain yang ditebitkan oleh resist book yang berjudul Demokrasi Tidak Untuk Rakyat¬†sempat disinggung tentang peran media dalam menciptakan iklim demokrasi. Sebagaimana yang dikatakan Williams, teknologi itu adalah “alat-alat kontemporer untuk melakukan revolusi panjang menuju terciptanya demokrasi yang terdiidik dan partisipatoris”, namu teknologi juga bisa menjadi alat bagi apa yang dia sebut sebagai aksi kontra-revolusi dimana didalamnyya kekuatan-kekuatan kapital merasuki setiap butir berharga dari kehidupan kita sehari-hari, kini itulah yang terjadi media kontra-revolusi.
Dihalam terakhir bukunya Williams meninggalkan prasayarat bagi suatu aksi di masanya, maupun di masa kini, “Informasi, analisis, pendidikan, dan diskusi”. Semoga menjadi bekal untuk sebuah perbaikan.

Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
dimasprakoso.com
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.