4 Jenis Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan - Kolam Ikan Makassar - Jual kolam terpal, bibit lele, nila, dan beli hasil panen

4 Jenis Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

4 Jenis Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan – Budidaya ikan air tawar sekarang ini, mulai menjadi alternatif usaha dalam situasi ekonomi yang sedang sulit. Perhatian masyarakat terhadap usaha budidaya ikan air tawar mulai meningkat. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan permintaan ikan air tawar konsumsi. Gambaran tersebut jelas terlihat pada perkembangan usaha kuliner. Banyak restoran atau rumah makan yang menyajikan menu ikan air tawar. Banyak dibangun kolam pancing ikan air tawar, dan warung tenda yang menyediakan menu ikan air tawar juga.

Hal ini dapat menjadi tolak ukur meningkatnya kebutuhan atau permintaan ikan air tawar di pasaran. Kondisi inilah yang akan menambah maraknya perdagangan dan produksi ikan air tawar. Permintaan pasar yang meningkat, pada akhirnya akan mendorong produsen untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu, budidaya ikan air tawar terbilang sangat mudah dibanding dengan ikan air laut.

Indonesia memiliki banyak jenis ikan air tawar, namun belum banyak yang memiliki nilai komersial dan dikenal masyarakat. Anda harus memrioritaskan ikan yang komersial dan banyak digemari oleh masyarakat, sebagai pertimbangan untuk membuka usaha budidaya ikan air tawar.

Berikut adalah ikan air tawar yang potensial dan telah banyak dikenal masyarakat luas :

Ikan Lele

Lele (Clarias sp) merupakan ikan air tawar yang banyak terdapat di perairan umum seperti sungai, rawa, waduk, dan genangan air lainnya. Ikan lele merupakan salah satu komoditas budidaya yang memiliki banyak keunggulan. Pembudidayaan ikan lele tidak membutuhkan modal yang banyak, namun memiliki prospek usaha yang cukup menjanjikan.

Keunggulan ikan lele yakni dapat dipelihara dengan padat tebar tinggi, sehingga hemat dalam penggunaan lahan. Dapat memanfaatkan lahan marjinal dengan hemat air. Dapat dikembangkan mulai skala usaha kecil sampai besar. Dapat dikembangkan dengan segmentasi usaha yang menguntungkan, teknologi pembenihan dan pembesaran mudah dikuasai, potensi pasar cukup tinggi dan daging dapat diolah untuk meningkatkan nilai jual.

Kolam Ikan Makassar - Jual kolam terpal bioflok, bibit ikan lele, nila, bawal, dan beli hasil panen 1

Ikan Nila

Ikan nila (Oreocrhomis niloticus) atau juga disebut ikan tilapia merupakan salah satu jenis ikan air tawar introduksi, yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup penting di beberapa daerah di Asia, termasuk Indonesia. Usaha budidaya ikan nila memang memiliki tren yang positif di Indonesia. Rasanya yang dianggap lebih lezat dan gurih, membuat banyak konsumen berminat dalam membeli ikan tersebut.

Meski memiliki potensi bisnis yang cukup menjanjikan, tapi masih banyak orang yang belum melirik usaha tersebut. Nah, hal ini tentu bisa menjadi kesempatan emas bagi Anda yang sedang mencari ide usaha. Permintaan pasar yang tinggi juga ikut menambah peluang kesuksesan saat terjun ke bisnis tersebut, karena lebih mudah mendistribusikan hasil panen nantinya. Keuntungan yang bisa diraih pun menjadi berlipat ganda karena harga jual ikan Nila cukup stabil dan jarang mengalami penurunan yang berarti.

Ikan Bawal

Ikan konsumsi lainnya yang memiliki usaha potensial adalah ikan bawal. Salah satu kelebihan dari ikan ini adalah laju pertumbuhan ikan bawal termasuk sangat pesat dibandingkan dengan ikan ikan tawar lainnya. Bahkan hanya dalam jangka waktu tiga bulan, berat ukuran ikan bawal sampai satu kilo dari berat tebar sebelumnya yang hanya seratus gram.

Ikan bawal (Colossoma sp.) juga sangat cocok dikonsumsi, karena daging ikan bawal termasuk tebal dan jika diolah rasanya sangat enak. Jika dimakan keuntungannya adalah ikan ini memiliki duri yang sedikit. Bawal sangat mudah beradaptasi dilingkungan yang baru, sehingga sangat cocok jika dibudidayakan di daerah perkotaan maupun pedesaan. Persaingan usaha budidaya ikan bawal pun masih sedikit dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Hal itu dikarenakan banyak pelaku usaha yang lebih tertarik untuk budidaya ikan lele atau ikan gurami, sehingga persaingan usaha ikan bawal lebih sedikit.

Ikan Mas

Ikan mas (Cyprinus carpio) adalah ikan air tawar yang juga memiliki nilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia. Budidaya ikan mas merupakan pilihan bisnis yang tepat, mengingat ikan mas tidak sulit untuk didapatkan. Selain itu, ikan mas juga tidak membutuhkan perawatan yang terlalu sulit, jadi tidak akan merepotkan Anda selama melakukan budidaya ikan.

Kebutuhan ikan mas di pasaran memang dari waktu ke waktu kian meningkat. Menjalankan bisnis budidaya ikan mas tentunya akan sangat menguntungkan, dimana potensi bisnis ini sangat bagus. Saat ini banyak pelaku bisnis kuliner baik warung tenda hingga hotel berbintang, yang membutuhkan pasokan ikan mas dalam jumlah yang banyak. Ikan mas juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Meningkatnya kebutuhan ikan mas tentunya akan sangat menguntungkan bagi para pembudidaya ikan.

Ikan Gurami

Gurami (Osphronemus gouramy) merupakan ikan yang cukup digemari oleh masyarakat, sehingga sudah banyak yang tertarik membudidayakannya. Budidaya ikan gurami dapat dijadikan salah satu bisnis yang menjanjikan, karena memiliki nilai jual yang tinggi jika dibandingkan jenis ikan lainnya. Bisnis budidaya ikan gurami ini dapat dikembangkan baik dengan modal kecil ataupun besar. Sehingga bisnis ikan gurami ini memiliki peluang yang terbuka bagi siapa saja.

Harga ikan gurami yang cukup tinggi merupakan salah satu keuntungan yang dapat diperoleh oleh para pembudidaya ikan air tawar. Angka kematian pada ikan gurami juga lebih rendah jika dibandingkan dengan ikan jenis lainnya. Pakan yang diperlukan lebih sedikit dibanding ikan lainnya. Permintaan ikan gurami yang tinggi di pasaran namun jumlahnya masih belum mencukupi, juga merupakan salah satu keuntungan yang baik untuk pembudidaya ikan.

Demikianlah beberapa ikan air tawar yang sangat menjanjikan di pasaran. Jika Anda tertarik dengan bisnis budidaya ikan air tawar, kami dari CV. Kolam Ikan Makassar menawarkan benih ikan air tawar berkualitas baik.

Berikut produk CV. Kolam Ikan Makassar :

  • Benih Ikan Lele
  • Benih Ikan Nila Merah dan Nila Gesit
  • Benih Ikan Mas Karper
  • Benih Ikan Bawal
  • Indukan dan benih lobster
  • Kolam Terpal

Segera hubungi CV. Kolam Ikan Makassar, untuk mendapatkan benih ikan air tawar yang unggul dengan harga murah melalui kontak berikut.

Lokasi:

BTN Mangga Tiga Blok A3/16

Info kontak:

Phone / Whatsapp  : 085210822664 atau KLIK DISINI

Kalau punya lahan yang cukup, buka kolamnya, tebar bibit ikannya, lalu panen. Mau?