5 Cara Membuat Caption agar Banyak Komentar di Social Media

Cara Membuat Caption agar Banyak Komentar di Social Media 1

5 Cara Membuat Caption agar Banyak Komentar di Social Media – Pernah nggak sih kalian mempunyai banyak followers, tapi setiap memposting foto di instagram hanya sedikit saja yang memberikan komentar di postingan kalian? Pastinya kalian akan bertanya mengapa tidak ada yang memberikan komentar di postingan kalian? Alasannya sederhana, caption kalian belum dapat memancing atau membuat orang ingin memberikan komentar pada postingan kalian. Jangan khawatir, pada postingan kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat caption di Instagram agar banyak yang komen di foto kalian.

5 Cara Membuat Caption agar Banyak Komentar di Social Media

1. Akhiri dengan bertanya

Agar orang berkeinginan memberikan komentar di postingan Instagram kalian coba buat caption yang diakhir dengan kalimat Tanya. Misalnya kalian posting foto jalan-jalan ke salah satu tempat wisata, lalu diakhiri caption “apa ada yang sudah jalan-jalan kesini juga?”, atau “kalian minggu ini ada rencana liburan kemana?” Coba berikan pertanyaan kepada para followers agar mereka berkeinginan untuk menjawab pertanyaan tadi di kolom komentar. Memberikan pertanyaan di akhir caption adalah bentuk mengajak followers untuk berkomunikasi dua arah kepada kalian di social media.

2. Sertakan giveaway

Siapa sih yang tidak ingin hadiah? Tentu semua orang ingin mendapatkan hadiah atau gratisan. Cara lain agar orang ingin berkomentar pada postingan Instagram kalian adalah dengan memberikan giveaway atau hadiah gratis untuk orang yang memberikan komentar terbaik pada periode tertentu. Hadiahnya bisa disesuaikan dengan kemampuan kalian, bisa dimulai dengan produk jualan atau minimal pulsa.

3. Melanjutkan kalimat

Agar
teman-teman kalian ingin memberikan komentar bisa dengan meminta mereka
melanjutkan kalimat caption yang telah kalian buat. Misalnya kalian buat
caption “kalau kerja begini memang paling enak sambil dengar musik ….” Atau
“kalau weekend itu enaknya jalan-jalan dengan ….”

Caption ini akan memancing kreatifitas followers Instagram kalian dalam melanjutkan kalimat yang kurang sempurna tadi. Siap-siap saja mendapatkan lanjutan kalimat yang lucu atau aneh.

4. Buat rasa penasaran dengan inisial nama

Rasa penasaran followers-followers di Instagram dapat dengan mudah kalian munculkan. Terlebih jika kalian membuat caption caption yang tidak lengkap. Agar followers Instagram ingin berkomentar, kalian dapat membuat caption tentang sedang berjalan-jalan dengan orang berinisial B, yang bisa berarti Bapak, atau inisial I yang berarti Ibu.

Para
followers yang melihat caption tersebut pasti akan mengirimkan komentar dengan
menebak-nebak nama orang yang sedang menemani jalan, terlebih jika kalian
adalah salah satu orang yang sudah lama menjomblo.

Bagi kalian yang jomblo, saat kalian tiba-tiba memposting foto dengan captionyang menunjukkan inisial seseorang, dijamin deh followers kalian pasti langsung tertarik untuk komen. Misalnya, kalian posting foto pemandangan, lalu buat caption ‘Sunday, fun day! Akhirnya jalan juga bareng M…’ Enggak lama, pasti deh teman followers kalian langsung heboh, ada yang nanya jalan sama siapa, ngasih ucapan selamat udah punya pacar, sampai ada yang nebak nama-nama cowok yang berawalan huruf ‘M’. Padahal, maksud kalian ‘M’ itu inisial dari ‘Mama’ in fact, hari Minggu itu kalian jalan sama mama ke rumah saudara, ha-ha.

5. Gunakan hashtag

Menggunakan hashtag adalah salah satu cara untuk meningkatkan
engagement/interaksi sehingga penggunaan hashtag merupakan hal yang wajib untuk
digunakan jika postingan kalian ingin ramai dengan komentar. Hashtag yang
digunakan juga jangan yang sembarangan. Mulailah dengan riset hashtag yang
sesuai dengan konten kalian. Jika konten tentang jalan-jalan, kalian bisa
gunakan hashtag #Visitindonesia, #wonderfulindonesia dan lainnya. Jika konten
kalian tentang kuliner, kalian bisa gunakan hashtag #dietmulaibesok
#kulinerindonesia, dan lainnya.

Hashtag yang spesifik dengan wisata pada daerah tertentu juga ada, misalnya wisata di Makassar #instamakassar, #visitmakassar, dan lain sebagainya. Begitupula dengan kuliner, kalau di Makassar kalian bisa gunakan hashtag #jajananmakassar, #makassarkuliner, dan lain sebagainya.

Kalian bisa menyesuaikan hashtag yang akan digunakan dengan lokasi kalian juga agar dalam menerapkan penargetan social media marketing di Instagram jadi lebih baik.

Jika kalian masih merasa kesulitan dalam membangun engagement di instagram karena fokus pada produksi, kalian bisa menyerahkan tugas pemasaran di instagram kepada agency social media yang telah terpercaya.

5 Cara Membuat Caption agar Banyak Komentar di Social Media

Komentar

comments