Cara Memilih Bibit Ikan Nila Unggul, Terjangkau dan Cepat Panen

Cara Memilih Bibit Ikan Nila Unggul, Terjangkau dan Cepat Panen di Makassar – Ikan nila (Oreocrhomis niloticus) atau juga disebut ikan tilapia merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang tersedia di CV. Kolam Ikan Makassar, yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup penting di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Makassar.

Cara Memilih Bibit Ikan Nila Unggul, Terjangkau dan Cepat Panen

Perkembangan budidaya ikan nila sebagai salah satu komoditas perikanan air tawar, mulai menjadi kegiatan agribisnis yang cukup menjanjikan. Akan tetapi diperlukan penanganan yang profesional dalam menjalankannya, sehingga akan menjamin kestabilan atau kelanggengan usaha agribisnis ikan air tawar ini, khususnya dalam masalah penggunaan benih unggul. Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh pun lebih tinggi.

Kegiatan akhir dari usaha pembesaran nila adalah pemanenan, dengan ukuran ikan yang siap konsumsi atau dikehendaki pasar. Ikan nila diketahui memiliki masa tertentu sebelum akhirnya dipanen. Hal ini menjadi kendala tersendiri, karena jika terlambat saja memasarkan ikan nila tersebut, maka pasar akan diisi oleh ikan-ikan dari pembudidaya lainnya yang telah panen terlebih dahulu. Guna mengantisipasi hal itu, Anda selaku pembudidaya sebaiknya mengetahui trik untuk mempercepat pembesaran ikan nila agar dapat dipanen lebih cepat.

Cara mempercepat panen pada budidaya ikan nila.

Menggunakan Ikan Nila Unggul

Untuk dapat memanen ikan nila lebih cepat, maka sebaiknya anda menggunakan bibit ikan nila unggul. Ada beberapa jenis varietas ikan nila unggul, diantaranya adalah nila BEST, nila Larasati, nila strain Fliphina, dan nila Gesit.

Budidaya Nila Secara Monosex

Budidaya Monosex dikenal lebih menguntungkan, karena hanya membudidayakan ikan yang memiliki jenis kelamin yang sama atau tidak dicampur antara jantan dan betina. Hal ini dilakukan demi menghindari perkawinan antar ikan, sehingga energi ikan untuk tumbuh tidak terkuras dan teralihkan dengan proses perkawinannya. Hal ini dikarenakan energi ikan yang terkuras akan berdampak pada melambatnya pertumbuhan ikan.

Cara Memilih Bibit Ikan Nila Unggul, Terjangkau dan Cepat Panen

Menggunakan Benih yang Sehat

Faktor lain yang harus diperhatikan dalam membudidayakan ikan nila adalah kesehatan benih ikan yang digunakan. Sehingga, risiko kematian ikan nila akan semakin sedikit dan tentu akan lebih menguntungkan. Ukuran benih yang ideal untuk memulai pembesaran nila sebaiknya sekitar 8-10 cm. di samping ukurannya, benih yang digunakan sebaiknya juga memiliki tingkat keseragaman yang tinggi, baik dari ukuran maupun umurnya.

Ciri umum benih ikan nila yang sehat dapat dilihat dari perilakunya, yaitu :
• Ukuran dan bentuk tubuhnya terlihat seragam antara satu dan yang lain
• Benih terlihat lebih aktif dan gesit saat berenang
• Tidak adanya cacat maupun luka pada bagian tubuhnya
• Tidak terjangkiti oleh virus penyakit

Kualitas Air Kolam

Kualitas air pada kolam budidaya sangat menentukan laju pertumbuhan ikan, maka dari itu sangatlah penting bagi pembudidaya untuk selalu memantaunya. Air kolam yang kotor, tercemar oleh berbagai zat tertentu yang akan mendatangkan penyakit pada ikan. Untuk itu, perawatan kolam secara berkala selama proses budidaya sangatlah dibutuhkan.

Persyaratan air kolam ikan yang harus dijaga adalah nilai ph yang berkisar antara 6,5 hingga 8,6, suhu air antara 25 sampai 30 derajat celsius, kadar oksigen terlarut 5 mg/l, kadar garam air yaitu 0 sampai 28 ppt dan kadar amonia harus kurang dari 0,02 ppm.

Pakan Ikan Nila

Ketersediaan pakan dengan kuantitas dan kualitas yang sesuai dengan panduan, akan menentukan waktu pemeliharaan. Tentu saja hal itu akan berpengaruh secara langsung pada besarnya biaya operasional, yang nantinya akan dikeluarkan. Pakan yang baik untuk pembesaran ikan nila adalah pakan yang mengandung protein sekitar ± 30%. Ukuran pakan yang disesuaikan dengan ukuran bukaan mulut benih yang digunakan.

Hal terpenting adalah menyesuaikan pakan yang digunakan dengan kebutuhan nutrisi ikan yang dipelihara, dan ukuran disesuaikan dengan bukaan mulut ikan. Untuk pemberian pakan berupa pelet bisa dilakukan 2x sehari. Patokannya 3-5 % pakan dari total berat badan ikan yang dipelihara.

Demikianlah cara mempercepat panen pada budidaya ikan nila, yang sebaiknya Anda lakukan jika ingin sukses dalam usaha budidaya ikan nila. Buat Anda yang sedang mencari benih Ikan Nila Gesit, silahkan order langsung di CV. Kolam Ikan Makassar.

Cara Memilih Bibit Ikan Nila Unggul, Terjangkau dan Cepat Panen

Kami menawarkan benih monosex yang banyak dicari para petani atau pembudidaya nila, yang sudah berpengalaman dan tentunya paham membedakan kualitas yang baik dan tidak.

Produk CV. Kolam Ikan Makassar lainnya :

  • Jual kolam terpal bioflok
  • Jual aneka jenis bibit ikan air tawar (lele, nila, bawal, dan lainnya)
  • Jual ikan air tawar untuk kebutuhan konsumsi
  • Beli hasil panen ikan air tawar
  • Jual pakan ikan air tawar
  • Jual keramba 

Segera hubungi CV. Kolam Ikan Makassar, untuk mendapatkan benih ikan nila unggul dengan harga murah melalui kontak berikut.

Lokasi:
BTN Mangga Tiga Blok A3/16

Info kontak:
Phone / Whatsapp  : 085210822664 atau KLIK DISINI

Kalau punya lahan yang cukup, buka kolamnya, tebar bibit ikannya, lalu panen. Mau?

Komentar

comments