Dibalik Layar Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan

Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan telah selesai. Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan diadakan serentak di 9 Kabupaten/Kota pada tanggal 5 Maret 2013. Kami (relawan panitia) telah berhasil menjadi jembatan. Sebuah media penghubung antara relawan pengajar dan calon masa depan (anak-anak SD).  Sekitar 551 orang relawan telah meliburkan dirinya dari segala tugas-tugas kantor selama sehari untuk kembali ke sekolah. Masuk ke dalam ruang-ruang kelas dan menjadi guru sehari. Sepertinya semua baru terjadi kemarin, melakukan kordinasi bersama teman-teman dari tim sosialisasi di masing-masing daerah. Sebelum menceritakan tentang Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan izinkan saya memperkenalkan diri terlebih dahulu.

Perkenalkan nama saya Dimas Prakoso. Salah satu orang yang diberikan tanggung jawab mengenai sosialisasi di Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan. Strategi sosialisasi online dan offline telah kami siapkan. Saya masih berpedoman dengan kegiatan Kelas Inspirasi setahun yang lalu, yang pernah diadakan di Makassar. Di Kelas Inspirasi Makassar 2013 saya juga bertanggung jawab pada bagian Sosialisasi. Namun, tahun ini terasa beda karena sosialisasi akan dilakukan pada 9 Kabupaten/Kota yang bergabung dalam Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan. Kabupaten/Kota yang bergabung di Kelas inspirasi Sulawesi Selatan adalah Makassar, Maros, Pangkep, Pinrang, Palopo, Enrekang, Gowa, Bantaeng dan Takalar. Pada awalnya saya sempat merasa pesimis dengan melakukan sosialisasi kegiatan di 9 Kabupaten/Kota, tapi ketika dijalankan semua terasa ringan (tidak seberat yang dibayangkan). Disini saya mendapatkan kesempatan untuk bertemu orang-orang hebat, orang-orang yang bersedia untuk menyebarkan informasi dan tawaran masa depan baru untuk anak-anak. Mereka dengan tidak berhentinya menyebarkan info Kelas Inspirasi Sulawesi yang akan diadakan. Tentu ini semua menjadi pengorbanan tersendiri bagi mereka. Mengorbankan waktu, tenaga dan keluarga yang jika dinominalkan akan sulit dibayar. Tentu tidak akan ada nominal yang pas, yang mampu membayar semangat-semangat ini.

Kelas Inspirasi Makassar
Sosialisasi Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan – Kelas Inspirasi Makassar
Kelas Inspirasi Gowa
Sosialisasi Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan – Kelas Inspirasi Gowa
Kelas Inspirasi Pinrang
Sosialisasi Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan – Kelas Inspirasi Pinrang

Semangat teman-teman relawan adalah semangat yang luar biasa. Meskipun saya tidak mampu bertemu dengan mereka secara langsung, namun semangat mereka benar-benar terasa dari jauh. Melalui grub facebook semua perkembangan sosialisasi didaerah dapat terlihat. Saya bisa melihat semangat teman-teman dari Makassar yang turun bersosialisasi pada sore hari di Jalan Jendral Sudirman, jalanan yang sangat ramai disaat jam pulang kerja. Saya bisa melihat semangat teman-teman dari Pangkep yang menyebrang pulau disaat kondisi cuaca tak pasti untuk mencari sekolah Kelas Inspirasi. Saya juga bisa melihat semangat teman-teman Enrekang yang harus melalui jalanan menanjak untuk bisa sampai ke Desa Bone-bone, dan mengajak SDN 159 Bone-bone menjadi salah satu sekolah Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan. Ada juga semangat hebat dari teman-teman di Bantaeng yang mampu memasuki instansi-instansi lokasi calon relawan pengajar berada. Semangat teman-teman di Bantaeng luar biasa hebat dan tentu semua akan berbuah manis. Buah manis dari semangat luar biasa itu adalah bergabungnya Bupati Bantaeng untuk menjadi relawan pengajar di Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan – Kelas Inspirasi Bantaeng. Teman-teman di daerah yang lain juga tidak kalah hebat semangatnya dalam bersosialisasi dan berhasil profesi-profesi yang baru diketahui oleh anak-anak SD. Ini semua meyakinkan saya sekali lagi kalau segala sesuatu yang dilakukan dengan niat yang tulus tentu tidak akan sia-sia dan cenderung akan berbuah manis.

Kelas Inspirasi Makassar
Tim 15 Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan – Kelas Inspirasi Makassar

Terima kasih telah menjadi bagian Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan tahun ini, wahai relawan-relawan hebat. Terkhusus kepada tim sosialisasi Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan dimasing-masing daerah, terima kasih telah bekerja sama dibalik layar Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan. Langkah sederhana kita telah memberikan perubahan berarti mengenai mimpi anak-anak di Sulawesi Selatan. Salam inspirasi untuk kita semua.


Dapatkan info seputar Makassar lainnya langsung di akun LINE kalian. Klik gambar dibawah ini

Social media di makassar

Summary
Review Date
Reviewed Item
dimasprakoso.com
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments

2 thoughts on “Dibalik Layar Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan

  1. Rahman Ramlan Reply

    Bangga bisa bekerjasama dengan orang-orang hebat yang berhati mulia seperti kawan-kawan Relawan Kelas Inspirasi. Inilah kesempatan bagi kita semua memuliakan kehidupan ini dengan saling berbagi dan saling menginspirasi.

    Terima kasih buat sobat Relawan KI_SulSel untuk pendampingannya.

    • Dimas Prakoso Post authorReply

      Terima kasih kembali, kak Rara. Salam juga untuk orang-orang di balik layar Kelas Inspirasi Sulawesi Selatan -Kelas Inspirasi Bantaeng. Sampai sekarang masih penasaran untuk ketemu sama mereka semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.