Pelatihan Informasi dan Teknologi Dispora Sulawesi Selatan

Pembicara Digital Marketing Makassar - Pelatihan Informasi dan Teknologi Dispora Sulawesi Selatan 1

Pembicara Digital Marketing Makassar – Dinas Pemuda dan Olah Raga (DISPORA) Sulawesi Selatan menggelar Pelatihan Informasi dan Teknologi dengan mengusung tema “Efektivitas Perdagangan Secara Virtual melalui Website” selama tiga hari di Hotel Almadera, Makassar (16/09/21). Salah satu pembicara digital marketing Makassar yang turut hadir adalah CEO Digital Marketing Agency dimasprakoso.com, Dimas Prakoso.

Pembicara Digital Marketing Makassar - Pelatihan Informasi dan Teknologi Dispora Sulawesi Selatan

Kegiatan Pelatihan Informasi dan Teknologi yang diadakan oleh DISPORA Sulawesi Selatan hari ini merupakan kegiatan angkatan ketiga. Pesertanya antara lain para perwakilan pemuda dari beberapa organisasi antara lain Sobat Bumi, dan beberapa organisasi eksternal/insternal kampus lainnya.

Peserta yang hadir merupakan pemuda yang mempunyai latar belakang organisasi, dan diantaranya sudah ada yang mempunyai bisnis kecil yaitu usaha sablon kaos dan konveksi PDH di Makassar. Pemuda tersebut bernama Reza dari organisasi Sobat Bumi. Selama ini Reza hanya memasarkan jasa sablon dan konveksinya baru melalui social media dan belum menggunakan website untuk pemasaran digitalnya. 

Pada kesempatan ini, Dimas Prakoso memberikan pandangan mengenai pentingnya menggunakan website di era digital sekarang. Website adalah sebuah toko yang dapat buka 24 jam, dengan biaya sewa toko yang murah.

Jika sebuah toko fisik di Makassar membutuhkan biaya sewa toko pertahunnya mencapai angka puluhan hingga ratusan juta, berbeda dengan website yang hanya membutuhkan biaya beli domain dan hosting yang paling murah hanya mencapai angka Rp. 300.000/tahun atau sekitar Rp. 25.000/bulan. Hal ini tentu sangat menghemat jauh banyak biaya dalam bisnis yang sedang berjalan, dan sangat bermanfaat bagi pada pebisnis pemula diluar sana.

Manfaat lain dari mempunyai website adalah para pelaku bisnis dapat menghemat biaya gaji karyawan penjaga toko. Jika sebuah toko fisik membutuhkan 2-3 orang penjaga toko dengan gaji Rp. 3.000.000/bulan atau Rp. 9.000.000 untuk 3 orang karyawan, maka pada website seorang pelaku bisnis hanya membutuhkan 1 orang admin website dengan gaji Rp. 3.000.000 untuk mengembangkan toko online tersebut. Melalui gambaran ini pelaku bisnis juga dapat menghemat sekitar Rp. 6.000.000/bulan dengan pengembangan website sebagai pengganti toko fisik. 

Pembicara Digital Marketing Makassar - Pelatihan Informasi dan Teknologi Dispora Sulawesi Selatan

Website juga mempunyai manfaat untuk mendapatkan prospek calon konsumen. Websiite dapat memberikan data pengunjung potensial yang mengunjungi dan melakukan prooses order online melalui website yang kita miliki. Hal ini tentu tidak dapat dilakukan oleh toko fisik yang para pengunjungnya tidak bisa kita dapatkan informasi datanya untuk selanjutnya kita retargeting lagi agar berkunjung kembali.

Kegiatan ini memberikan pandangan baru mengenai peluang bisnis digital menggunakan website bagi para peserta.

Harapannya agar para peserta yakni para pemuda yang belum memulai bisnis dapat memanfaatkan perkembangan digital dan memulai bisnis online menggunakan website, dan para peserta yang selama ini hanya memasarkan bisnisnya melalui social media dapat membangun websitenya sekarang.

Website juga menjadi tolak ukur profesionalitasnya sebuah bisnis bagi konsumen. Agar bisnis tidak terlihat abal-abal, maka mulailah bangun website untuk bisnis kalian.

Pada kegiatan Pelatihan Informasi dan Teknologi Dispora Sulawesi Selatan turut hadir sebagai pengisi acara antara lain Drs. Abdullah Nasir, M.Si, Andi Januar Jaury Dharwis, S.E. (Anggota DPRD Sulawesi Selatan), dan Eko Pramono (CEO sablonkampus.com)

Pelatihan Informasi dan Teknologi Dispora Sulawesi Selatan

Komentar

comments