Tips Jualan di Instagram untuk Pemula

Banyak yang terbiasa jualan offline, dan mulai beralih ke jualan online, khususnya di Instagram. Untuk kalian yang ingin belajar tips jualan di Instagram untuk pemula yang telah terbukti keberhasilannya, simak baik-baik tips berikut ini

Perkembangan pengguna social media di dunia mengalami kenaikan 9% dari tahun 2018 yang berjumlah 3.196 juta pengguna ke tahun 2019 yang berjumlah 3.484 juta pengguna. Semakin banyak pengguna baru, dapat diartikan juga kalau semakin banyak calon konsumen baru. Disinilah peluang kita sebagai pelaku bisnis online.

Saat ini banyak yang menggunakan social media instagram untuk share foto atau video keren mereka saat liburan, kerja, di kampus, atau di sekolah. Dari sini kita dapat melihat kalau pengguna instagram juga bervariasi.

Selain digunakan untuk berbagi foto dan video pribadi, beberapa tahun belakangan ini Instagram digunakan juga untuk berjualan. Baik sekelas UKM, sampai brand perusahaan besar juga menggunakan instagram untuk memasarkan produk mereka.

Berbeda saat bersocial media dengan menggunakan akun pribadi, berjualan di instagram sebagai online shop membutuhkan tehnik dan strategi yang bertujuan untuk menarik minat calon konsumen. Kurang lebih hampir sama dengan berjualan dengan berjualan di toko offline. Di toko offline harus memasang gambar promosi di depan toko, menaruh papan diskon, memasang iklan di majalah, dan berjualan di tempat yang ramai. Ada beberapa hal yang akan diadaptasi dari toko offline, dan diterapkan pada toko online instagram kita nantinya.

Berikut cara jitu berjualan di insatgram agar dapat cepat laku. Beberapa tips ini telah kami terapkan dalam pengelolaan social media pada klien-klien dimasprakoso.com.

Jasa Social Media Makassar - tips berjualan di instagram untuk pemula 1

1. Buat Akun Khusus untuk Jualan di Instagram

Pertama mulailah dengan membuat akun instagram binis untuk online shop kalian. Jangan berjualan di Instagram dengan menggunakan akun pribadi. Cobalah dengan akun baru yang diberi nama sesuai brand online shop, atau produk yang saat ini kamu jual. Tujuannya agar dapat memisahkan konten jualan dan konten yang bersifat pribadi.

Lengkapi informasi tentang akun jualan tersebut. Mulai dari jualan produk tentang apa, nama brand, alamat lengkap, dan info kontak (nomer telepon, whatsapp, dan website)

Agar lebih menjadi penjual online yang terpercaya, sertakan logo dari brand kalian pada foto profile.

Jasa Social Media Makassar - cara menambah followers instagram

2. Mencari followers tertarget

Jika kalian telah membuat akun instagram bisnis, selanjutnya kalian sebaiknya memperbanyak jumlah followers dari akun tersebut. Jangan sekali-sekali melakukannya dengan membeli followers karena hal tersebut tidak dapat menghasilkan pembelian produk. Membeli followers juga tidak dapat meningkatkan engagement dari setiap postingan jualan kalian.

Kalian bisa meningkatkan followers dengan mencari akun yang berjualan produk sejenis dengan online shop kalian. Carilah yang banyak followersnya, dan follow akun-akun kompetitor tersebut.

Cara lain untuk meningkatkan followers instagram kalian bisa hubungi kami untuk dapat kami bantu lakukan optimasi instagram sesuai target followers yang diinginkan mulai dari demografi sampai minatnya. 

Jasa Social Media Makassar - tips upload produk di instagram

3. Upload foto produk

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memposting foto produk di instagram. Pastikan kalian memposting pada waktu yang tepat atau waktu dimana banyak orang yang sedang online di instagram

Perhatikan juga foto produk yang akan diupload apakah sudah menarik atau belum. Posisikan diri kalian sebagai calon konsumen, dan lihatlah foto yang akan diposting tadi. Buatlah foto produk semenarik mungkin, dan produk dapat terlihat jelas.

Kalian bisa gunakan applikasi editing foto di smartphone. Banyak applikasi editing foto yang bisa digunakan para penggiat UKM misalnya Picsart, dan Spark Post. Applikasi ini bisa kalian gunakan untuk mengedit foto produk sampai membuat eflayer promo bulanan.

Jasa Social Media Makassar - promo di Instagram

4. Beri Diskon

Sebelum membuat diskon, jangan lupa untuk riset harga dan promo dari akun kompetitor. Foto produk tadi bisa disertakan dengan harga sebelum promo dan setelah promo. Menggunakan harga coret pada harga lama akan membuat calon konsumen fokus pada harga promo. Secara prikologis mereka akan membandingkan, dan mengambil penawaran harga termurah.

Jasa Social Media Makassar - tips menggunakan hashtag instagram

5. Gunakan hashtag

Hashtag merupakan bagian penting yang sering dilupakan. Dalam Instagram, kunjungan profile instagram dapat dihasilkan melalui hashtag. Mulailah dengan riset hashtag popular yang berkaitan dengan produk jualan kalian. Misalnya jika kalian mempunyai produk jilbab bisa gunakan hashtag #jualjilbabmurah #jualjilbabcantik, atau hashtag jilbab lainnya.

Nah itu tadi beberapa langkah-langkah yang harus kalian lakukan saat akan jualan di instagram. Semoga bisa bermanfaat dan membantu meningkatkan penjualan kalian secara online.

Jika kalian masih merasa kesulitan dalam mengelola akun instagram karena fokus pada produksi, kalian bisa menyerahkan tugas pemasaran di instagram kepada agency social media yang telah terpercaya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Tips Jualan di Instagram untuk Pemula
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

comments