4 Lagu Bugis Makassar di Acara Pernikahan

4 Lagu Bugis Makassar yang Sering Terdengar di Acara Pernikahan -Pertanyaan yang sering kita jumpai pada perkembangan usia dewasa kita dimulai dari kapan wisuda? Lalu kapan nikah? Setelah nikah kapan punya anak? Terus kapan nambah anak?

Begitu lah seterusnya siklus kedewasaan dan pertanyaan itu pula yang membuat kita semakin dewasa dan matang untuk mengontrol kebaperan dan emosi.

BACA JUGA: Mengenal Uang Panai: Syarat Menikahi Perempuan Bugis

Oke, tapi tenang saja kita tidak akan bahas itu atau pun menambah deretan pertanyaan baru, kita akan bahas hal yang ada kaitannya dengan salah satu pertanyaan tersebut yang mesti kita tahu sebagai orang yang terlahir dari suku bugis makassar yaitu lagu bugis makassar apa saja yang biasa kalian dengar di acara nikahan?

Kebanyakan orang menjawab Balo Lipa’, lah memangnya lagu bugis makassar cuma lagu nikahannya si Nokis.

Biar kalian bisa menjawab pertanyaan itu dengan bangga berikut list lagu yang biasa dinyanyikan di acara pernikahan.

4 Lagu Bugis Makassar yang Sering Terdengar di Acara Pernikahan

4 Lagu Bugis Makassar di Acara Pernikahan - Janci mutaroe

1. Janci Mutaroe

Bapak-bapak dan ibu-ibu pasti akrab dengan lagu ini, lagu bugis yang dipopulerkan oleh Tajuddin Noer. Ini potongan liriknya yang begitu menyayat hati.

“Jancimu taroen sanre’ka mubelleakka. Kessippa adammu riwettu siolota. Agaro saba’na mulari jancimu, agaro saba’na nalemmu nyawamu”

BACA JUGA: 11 Tahapan Proses Pernikahan Suku Bugis Makassar

Lagu ini berkisah tentang seseorang yang telah berjanji lalu meninggalkan kekasihnya dan menikah dengan yang lain.

4 Lagu Bugis Makassar di Acara Pernikahan - anakkukang

2. Anakkukang

Lagu Anakkukang merupakan lagu yang dipopulerkan oleh Iwan Tompo, lagu ini merupakan lagu dengan lirik Bahasa Makassar. Potongan lirik lagunya seperti ini “Aule sare-sarenna i kukang saying. Sare tenama kucini lino empo tenama te’nena”

Lagu ini mengisahkan tentang seorang anak yang tinggal sebatang kara karena telah dibuang oleh ibunya. Sedih sekali bukan?

4 Lagu Bugis Makassar di Acara Pernikahan - alosi ripolo dua

3. Alosiripoloa Dua

Nah kalau lagu yang satu ini jauh dari mewek-mewek. Salah satu lagu romantis dengan lirik berbahasa bugis. Bukan hanya liriknya yang bagus nan puitis, musiknya pun asik. Ini dia potongan liriknya

“Tappamu na tappaku, sirupa na de na pada, iyaro tanrana topuri sitoto”

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Perempuan Bugis Makassar Harus Kalian Nikahi

Lagu ini berkisah tentang pertemuan dua orang yang berjodoh tidak terlepas dari takdir ilahi dan kemiripan diantara mereka semakin mengeratkan ikatan batin mereka.

4 Lagu Bugis Makassar di Acara Pernikahan - la'rokong tojengma kapang

4. La’rokong Tojengma’ Kapang

Lagu yang dipopulerkan oleh Ridwan Sau ini lagu patah hati, berkisah tentang keadaan dan penderitaan seseorang yang sakit hati karena pujaan hatinya berpaling darinya.

BACA JUGA: Lokasi Gedung Pernikahan di Makassar

Lagu ini menggambarkan kisah hidup seseorang yang begitu merana karena cinta. Belajar dari lagu ini, semoga kalian tidak seperti itu yah. Ini potongan lirik lagunya yang berbahasa Makassar

“Ngapa tanu alle tommo nyawaku’ nasukku’ mange pamma’risinu ri nakke kodong, nale’ba’ mange pa’risi’ku sayang”

Dengan baca ini kalian nanti bisa mengetes dan mengajukan pertanyaan ke orangtua atau kerabat kalian yang biasanya hobi dengar lagu bugis makassar, mengenai lagu bugis makassar yang biasa mereka dengar atau bahkan mereka nyanyikan saat acara nikahan.

Semoga setelah bertanya tidak ada serangan balik buat kalian yang isinya bukan lagi pertanyaan tapi perintah buat segera nikah!

Komentar

comments