7 Cara Cepat Mengumpulkan Uang Panai

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang kenapa perempuan bugis makassar harus kalian nikahi. Bagi sebagian pemuda memutuskan untuk menikahi perempuan Bugis Makassar bukan lagi perkara sulit, apalagi kalau mereka sudah menyadari keistimewaan dari perempuan Bugis Makassar seperti bahasan kita sebelumnya.

6 Cara Cepat Mengumpulkan Uang Panai 1

Lalu, sekarang apa yang menjadi kendala seorang pemuda tidak bisa dengan mudah mempersunting perempuan bugis makassar yang mereka sukai?

BACA JUGA: 11 Tahapan Proses Pernikahan Suku Bugis Makassar

Jawabannya adalah uang panai.

Apa itu uang panai?

Uang panai adalah sejumlah nominal uang yang nantinya akan diberikan calon mempelai pria kepada calon mempelai perempuan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap strata sosial, dan norma di masyarakat.

Banyak yang belum paham mengenai uang panai, terlebih mengenai uang panai yang belum terhitung sebagai mahar pernikahan, melainkan uang panai sebagai uang adat yang terbilang wajib dengan jumlah yang telah disepakati oleh kedua belah pihak keluarga.

Jumlah uang panai untuk menikahi perempuan Bugis Makassar terkenal besar jumlahnya. Standar nominal untuk melamarnya bisa dilihat dari seberapa tinggi tingkat strata sosial dan tingkat pendidikan pihak perempuan tersebut.

Uang panai’ untuk menikahi wanita Bugis-Makassar terkenal tidak sedikit jumlahnya. Tingkat strata sosial wanita serta tingkat pendidikannya biasa menjadi standar dalam penentuan jumlah uang untuk melamar.

BACA JUGA: Lokasi Gedung Pernikahan di Makassar

Kalian para lelaki tidak perlu khawatir karena dari proses menuju pernikahan itu kalian bisa belajar bertanggung jawab dengan mengikuti langkah-langkah tips cara menabung ala dimasprakoso.com yang tujuannya supaya uang panai kalian cepat terkumpul.

Tips cara cepat mengumpulkan uang panai

1. Gunakan sistem auto debit/menabung otomatis

Supaya uang panai kalian cepat terkumpul bisa gunakan sistem auto debit atau menabung otomatis. Hampir disetiap bank di Indonesia telah menyediakan fitur seperti ini. Caranya sederhana,  jika kalian setiap bulan menerima gaji pada tanggal 25, satu hari setelahnya uang kalian akan ssecara otomatis masuk ke rekening tabungan khusus untuk menyimpan persiapan uang panai.

Jika kalian tergolong kesulitan menabung dan boros, cara ini bisa membuat kalian disiplin dalam menabung. Fitur ini biasanya tidak bisa diambil setiap bulan, proses pengambilannya hanya bisa satu kali dalam setahun, tergantung kebijakan bank masing-masing.

2. Menyimpan recehan

Kalian pasti pernah melihat berita mengenai orang-orang yang belanja handphone sampai kendaraan bermotor menggunakan uang recehan, nah cara ini juga bisa kalian gunakan untuk menabung uang panai.

Uang kembalian sisa belanjaan dari minimarket bisa mulai kalian simpan. Biasanya orang menyepelekan uang recehan ini dan meletakkannya sembarangan, padahal jika kalian mulai kumpulkan uang recehan nilainya bisa tergolong besar.

BACA JUGA: 7 Pilihan Kado Pernikahan yang Pas

Jika telah terkumpul dan ingin ditukarkan dengan uang kertas, kalian bisa datang ke Bank Indonesia atau ke minimarket. Pihak minimarket sangat membutuhkan uang recehan ini juga untuk dijadikan kembalian.

3. Mencari pekerjaan sampingan

Tips mengumpulkan uang panai yang satu ini bisa kalian coba terlebih jika kalian merasa pendapatan menjadi pegawai masih dirasa kurang. Kalian bisa mulai menjual skill yang kalian miliki. Jika kalian punya skill fotografi, juallah jasa fotografi saat weekend, atau jika kalian punya skill desain grafis, bisa coba jual jasa desain grafis melalui website freelancer.

Selain itu kalian juga bisa memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah dengan membuka kolam ikan lele, nila, atau bawal. Modal yang digunakan tidak tinggi, tapi hasil yang didapatkan setiap kali panen bisa mencapai angka jutaan hingga puluhan juta rupiah. Tidak perlu waktu yang banyak untuk mengurusnya dan sangat cocok untuk jadi usaha sampingan sebagai pegawai yang ingin mengumpulkan uang panai.

4. Tunda liburan

Kalau kalian sudah punya planning liburan dan sudah buat daftar tempat-tempat liburan yang mau kalian kunjungi untuk mengisi hari libur dan rehat dari kesibukan kerja, lebih baik waktu liburan kalian nanti dihabiskan dengan pasangan saat uang panai telah terkumpul.

Anggaran liburan seseorang biasanya mulai dari angka Rp. 6.000.000 per sekali perjalanan dalam negeri, belum lagi jika kalian memiliki planning untuk liburan keluar negeri, angkanya bisa lebih tinggi lagi.

5. Manfaatkan diskon saat belanja

Jika kalian adalah orang yang hobi belanja, pasti akan sulit untuk menahan hasrat belanja saat masuk mall. Supaya kalian bisa mengumpulkan uang panai dengan cepat caranya dengan memanfaatkan diskon saat belanja.

Bisa mulai gunakan applikasi dompet digital yang menyediakan banyak cashback saat transaksi di beberapa tempat perbelanjaan. Deposit saldo secukupnya, dan jangan melakukan pembelanjaan lebih dari saldo yang tersedia untuk mengetahui batas pembelanjaan kalian per sekali jalan.

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Perempuan Bugis Makassar Harus Kalian Nikahi

Jika kamu adalah orang yang sangat hobi berbelanja, pastinya akan cukup sulit menahan hasrat berbelanja kamu, unjung – ujungnya malah tak jadi menabung uangnya, karena dipakai untuk berbelanja. Maka tips supaya kamu bisa menabung uang kamu yaitu dengan cara ini, tips ini sangat tepat menjadi jalan yang terbaik untuk kamu yang hobi belanja.

Caranya adalah ketika kamu ingin berbelanja, cobalah kamu cari pusat perbelanjaan yang ada diskonnya, atau bisa juga carilah tempat yang menawarkan cashback. Sehingga, dengan begitu kamu tentu masih bisa menyisihkan uang untuk ditabung.

6. Simpan uang dari bonus kerjaan

Cara lain untuk mengumpulkan uang panai dengan cepat adalah dengan menyimpan uang bonus dari kantor yang kalian peroleh. Biasanya setiap bulan, per enam bulan atau tahunan akan ada bonus yang dibagikan kepada karyawan. Terlebih jika kalian termasuk karyawan yang rajin. Pastikan uang bonus tersebut bisa kalian langsung masukkan kedalam tabungan//

Biasanya uang bonus langsung digunakan untuk membeli kebutuhan bulanan, tapi pastikan kalian untuk tetap mengutamakan menabung terlebih dahulu, baru setelahnya kalian bisa gunakan untuk kebutuhan yang lain.

7. Doa

Kalian tidak perlu bertanya-tanya kenapa doa menjadi salah satu bagian dari cara agar uang panai terkumpul. Pada dasarnya doa adalah proses kita meminta kepada Yang Maha Kaya dan Yang Maha Memudahkan. Bisa saja kalian giat berusaha namun lupa dengan Sang Maha Pencipta, kan tidak menutup kemungkinan kita dipertemukan oleh Tuhan dengan jodoh yang dimudahkan mahar dan uang panainya.

Itulah beberapa tips agar uang panai kalian cepat terkumpul, tetap semangat yah untuk menghalalkan dia!

Komentar

comments