Cara Mengatasi Limit Google Drive via Desktop dan Mobile

Google Drive merupakan salah satu layanan dari Google yang memiliki fungsi untuk menjadi tempat penyimpanan secara online berbasis Cloud. Layanan dari Google ini dibuat agar semua orang yang membutuhkan data miliknya dapat untuk mengakses data tersebut dimanapun, kapanpun, dan dengan device apapun (laptop, smartphone, atau tablet).

Cara Mengatasi Limit Google Drive via Desktop dan Mobile

Hal ini juga memberikan kemudahan dalam berbagi file ke teman, keluarga, rekan kerja atau siapapun yang membutuhkan.

Jika kalian merupakan salah satu pengguna Google Drive, kalian pasti pernah mendapatkan peringatan yang berbunyi:

“Quota exceeded. Sorry, you can’t view or download this file at this time”

Peringatan tersebut menandakan kalau kalian tidak bisa mengunduh file lagi karena telah mencapai batas kuota.

Lalu bagaimana cara mengakalinya?

Sebelum mengatasi limit Google Drive di desktop dan mobile, mari mengetahui penyebab pembatasan kuota Google Drive.

Mengenal Limit Google Drive

Google Drive memberikan jatah kuota yang terbatas yaitu 15 GB (Giga Byte) kepada setiap setiap penggunanya. Jika terlalu banyak file yang diunggah dan dibagikan, maka peringatan mengenai limit akan muncul karena batas kuota yang diberikan telah habis.

Alasan Pembatasan Kuota Google Drive

Menghindari penyalahgunaan

Google sengaja membatasinya agar limit Google Drive yang diberikan tidak disalah gunakan. Terlebih jika traffic ke file yang tersedia di Google Dive sangat tinggi, file tersebut dapat terkunci dan tidak bisa didownload selama 24 jam.

Masa waktu pemblokiran akses dari akun Google Drive sangat disesuaikan dengan traffic yang masuk ke akun Google Drive tersebut. Masa waktu pemblokiran bisa saja hanya sebentar jika traffic orang-orang yang ingin mengakses file Google Drive tersebut juga tidak banyak, namun begitu juga sebaliknya, masa waktu pemblokiran bisa sampai berhari-hari jika trafficnya tinggi.

Sumber pemasukan Google

Jika kalian telah mencapai limit kuota Google Drive, maka kalian akan ditawari penambahan kapasitas tampung dari akun Google Drive tersebut. Daya tampung berbayar yang ditawarkan mulai dari 50 GB hingga 300 TB (Tera Byte). Harga paket yang ditawarkan juga mulai dari Rp 26.900/bulan sampai Rp 3.900.000/bulan. Kelebihannya selain dari penambahan kapasitas tampung Google Drive adalah kalian bisa konsultasi dengan tim Google yang paham dalam pemanfaatan tools-tools dari Google, dan opsi menambahkan keluarga untuk dapat mengakses akun Google Drive tersebut.

Mengatasi Limit Google Drive di Desktop

Diawal, pastikan kalian sudah memiliki akun Google Drive. Jika sudah, kalian bisa sign in ke akun Google Drive kalian melalui desktop. Browser yang digunakan bebas, bisa Mozilla Firefox, atau Google Chrome

Selanjutnya, kalian bisa cari file yang ingin diubah agar dapat kembali diunduh. Silahkan klik kanan di file yang ingin diunduh, lalu pilih “Get shareable link”. URL dari file tersebut akan muncul, lalu silahkan copy – paste URL file tersebut di tab baru.

Kalian bisa melewati step diatas jika kalian telah memiliki link file tadi dari orang lain. Setelah itu jika telah melihat halaman preview, silahkan cari tombol “Add to drive” yang disertai ikon Drive dengan tanda plus disisi kanan atas.

Jika tombol tersebut telah diklik, file tersebut akan ditambahkan ke akun Google Drive kalian. Setelah menambah file, tombol akan berganti ikon, dan silahkan klik sekali lagi untuk masuk My Drive atau bagian depan halaman Google Drive kalian.

Klik kanan dan pilih opsi “Make a copy” pada file yang sudah kalian tambahkan. Lalu Google Drive akan membutuhkan waktu beberaoa saat untuk menyalin file tersebut.

Ketika file telah selesai disalin, kalian bisa langsung unduh file dengan nama “copy file A” tanpa masalah. JIka kalian ingin mengunduh file tersebut, klik kanan di file, dan pilih opsi “Download” lalu klik “Download anyway”.

Mengatasi Limit Google Drive di Android

Agar keterbatasan kuota Google Drive tidak menjadi masalah lagi di handphone android kalian, maka kalian bisa menggunakan salah satu cara mengatasinya berikut. Caranya hampir sama dengan beberapa langkah diatas untuk desktop, dan pastinya tidak terlalu sulit untuk diterapkan

Pertama kalian bisa buka link file yang ingin diunduh di browser pilihan yang tersedia di handphone android. Link tersebut akan dibukan dalam Google Drive versi mobile yang tidak mempunyai banyak kontrol.

Supaya bisa menambahkan file ke akun Google Drive kalian, maka bukalah menu Google Chrome dengan ikon tiga titik vertikal. Setelah itu centang opsi Desktop Site untuk membuka tampilan situs Google Drive versi desktop di handphone android.

Setelah itu bukalah situs Google Drive, ulangi cara dalam menambahkan file ke akun Google Drive seperti yang telah dicontohkan untuk desktop diatas. Jika file sudah berhasil ditambahkan, maka bukalah applikasi Google Drive di ponsel dan cari file yang ingin diunduh.

Kalian bisa klik menu yang berada dibawah file dan pilih opsi “Make a copy”, lalu pilihlah “My Drive”, pilih folder tempat menumpan copy dan klik “Select”.

Tunggu proses copy hingga selesai, lama atau tidaknya proses copy sangat ditentukan dari besar ukuran file dan kecepatan internet yang sedang kalian gunakan saat itu,

Terakhir, jika proses copy telah selesai, maka kalian bisa klik kanan di file yang telah di copy, lalu pilihlah opsi download. File kalian akan secara otomatis diunduh ke handphone android yang kalian gunakan.

Komentar

comments