7 Tips untuk Membantu Bisnis Kalian Berhasil

Dalam bukunya Donald Todrin berbagi pengalamannya mengembangkan dan menerapkan berbagai strategi secara lansung dalam setiap usaha yang digelutinya, ia tidak hanya berkonsultasi dengan banyak pebisnis selama bertahun-tahun tetapi beliau memiliki andil dalam menjalankan 57 bisnisnya sendiri. Ide-idenya yang strategis dan berhasil membawanya hingga kesuksesan hari ini  beliau rangkum menjadi sebuah poin-poin penting untuk memastikan apakah bisnis kalian bisa dikatakan memiliki peluang untuk sukses?

BACA JUGA: 5 Strategi Menumbuhkan Bisnis dengan Digital Marketing

Berikut adalah 7 tips yang akan membantu kalian memastikan bisnis sukses:

7 Tips untuk Membantu Bisnis Anda Berhasil 1

1. Rencana tertulis

Tanpa rencana yang tertulis, yang teragendakan biasa terlupakan. Ketika mencoba mengingat belum tentu bias, maka kalian membutuhkan rencana tertulis. Tidak harus berupa buku, kalian hanya perlu jantung dan otak dari sebuah ide tersebut, beberapa diantaranya seperti menguraikan tujuan, strategi, rincian pembiayaan, rencana penjualan, dan peta pemasaran serta penentuan uang tunai yang kalian perlukan. Menulis rencana adalah langkah pertama yang sangat penting.

7 Tips untuk Membantu Bisnis Anda Berhasil 2

2. Sesuaikan rencana

Setiap jenderal militer yang hebat dalam sejarah telah mengetahui bahwa bahkan rencana yang paling baik pun terkadang harus dilemparkan kedalam api ketika peluru mulai terbang. Sesuaikan rencana diawal dengan kondisi yang dihadapi, dalam menghadapi permasalahan dalam usaha kalian. Sesuaikan, hadapi dan taklukkan!

BACA JUGA: Cara Membangun Social Media Marketing Funnel

7 Tips untuk Membantu Bisnis Anda Berhasil 3

3. Jaga ego

Menjaga ego kalian sebagai pemilik bisnis dan mendengarkan orang lain sebagai penasihat. Penasihat dalam sebuah bisnis sangat penting, untuk menentukan bagaimana sebuah navigasi dikendalikan, sebagaimana membutuhkan orang lain untuk memaksimalkan ide yang kalian pantulkan, mengontrol apa yang kalian lakukan, mendorong kalian ke prestasi yang lebih besar, membuat kalian bertanggung jawab atas apa yang kalian lakukan, menghormati sebuah komitmen bahkan ketika kalian sulit dan tertantang. Ini bukan tentang kalian; tetapi bisnis. Jangan biarkan ego kalian mengambil kendali kalian.

7 Tips untuk Membantu Bisnis Anda Berhasil 4

4. Memantau segalanya dan kelola dengan angka

Ini adalah cara melatih karyawaan dan mempertahankan konsistensi. Ketahuilah setiap angka dalam nominal bisnis kalian, buat keputusan berdasarkan apa yang kalian pantau dan apa yang mereka katakan kepada kalian. Salah satu perhitungan yang paling penting adalah arus kas, jangan memulai tanpa uang tunai yang di perlukan, dan jangan jangan menjalankan tanpa adanya arus kas yang merekam jejak keuangan kalian, sebagai notifikasi disetiap kondisi yang kalian hadapi.

BACA JUGA: Perbedaan Instagram Bisnis dan Instagram Pribadi

7 Tips untuk Membantu Bisnis Anda Berhasil 5

5. Mendelegasikan kepada karyawan

Mendelegasikan tugas dan memeriksa kemajuan adalah hal yang wajib, tapi sangat tidak disarankan untuk menjadi “gila” control. Organisasi bisnis lebih baik tetap datar disbanding menegangkan, jika kalian mendelegasikan secara efektif; kalian akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari yang ditargetkan. Memberikan pelatihan tertulis dan rencana oriestasi yang matang membuat karyawan kalian tahu apa yang diinginkan dari mereka. Gunakan system “reward” berbasis intensif, dan pertahankan sikap tidak masalah tentang masalah yang muncul.

7 Tips untuk Membantu Bisnis Anda Berhasil

6. Menggunakan internet

Pengaruh ini sangat kuat dan hemat biaya, tetapi membutuhka waktu dan keterampilan. Ini adalah tentang menciptakan komunitas, membangun komunikasi dan kepercayaan. Menggunakan jejaring media sosial seperti Facebook, Youtube, Twitter, Instagram dan Blog untuk membangun hubungan dengan pasar kalian. Kami hadir untuk membangun hubungan pasar kalian dan membantu pemasaran kalian melalui internet dan media social di dimasprakoso.com

7 Tips untuk Membantu Bisnis Anda Berhasil 7

7. Temukan kembali bisnis kalian

Laba bersih dan pendapatan kotor adalah hal yang berbeda yag akan menjadi fokus kalian dalam membangun bisnis. Pisahkan diri kalian dan bisnis kalian, dan ciptakan keunggulan baru yang kompetitif.

Yang terpenting bersenang-senanglah, menjadi wirausaha adalah pilihan kalian, jadikan kalian berhasil dengan apa yang telah kalian pilih. Lakukan, bertahan, dan muncul dengan keberhasilan ekonomi diatas yang telah disederhanakan, jika kalian menerapkan prinsip-prinsip yang kokoh diarah dan dijalan yang benar.

Donald Todrin adalah penulis Successfully Navigating the Downturn yang diterbitkan oleh Entrepreneur Press. Todrin adalah presiden Second Wind Consultant Inc, sebuah perusahaan solusi utang bisnis di Hadley, Mass.

NB:
Tulisan diatas adalah kutipan yang diedit dari Successfully Navigating the Downturn oleh Donald Todrin dari Entrepreneur Press.

Tunggu apa lagi?
Ayo kembangkan bisnis Anda secara digital sekarang!

Jasa digital marketing di Makassar

Komentar

comments