Perbedaan Instagram Bisnis dan Instagram Pribadi

Perbedaan Instagram Bisnis dan Instagram Pribadi – Instagram merupakan applikasi social media terbesar ke-3 di dunia setelah Facebook dan Youtube (Sumber: We Are Social Q4 2019) yang mempunyai fungsi berbagi foto dan video secara online. Applikasi yang telah rilis sejak tahun 2010 ini telah memiliki ratusan jutaan pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Jasa social media makassar - Perbedaan Instagram Bisnis dan Instagram Pribadi

Pada quartal 4 2019 sendiri, Instagram tercatat mengalami peningkatan pengguna sebesar 2,9%, dan Indonesia menduduki posisi ke-4 sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang suka menangkap momen berupa foto maupun video dan membagikan foto dan video tersebut ke pengguna lain secara online menggunakan Instagram.

BACA JUGA: 5 Strategi Menumbuhkan Bisnis dengan Digital Marketing

Namun sekarang Instagram tidak hanya dapat berfungsi untuk menangkap momen pribadi dan membagikannya ke pengguna lain saja di Instagram. Kini Instagram sudah menjadi media untuk menyebarkan informasi produk atau jasa dari para pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya.

Sebagian pengguna Instagram ada yang lebih suka membuka Instagram untuk mendapatkan inspirasi, informasi dan menemukan hal penting yang mereka cari, termasuk juga konten bisnis.

Melihat adanya perubahan prilaku pengguna Instagram, maka pihak Instagram pun meluncurkan Instagram for Business yang bertujuan agar orang yang membutuhkan informasi produk dan jasa bisa lebih mudah bertemu dengan penyedia produk dan jasa di Instagram.

Apa perbedaan antara Instagram Pribadi dan Instagram Bisnis?

Instagram Bisnis memiliki beberapa fitur khusus yang dapat membantu kalian dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis di Instagram, dan fitur ini hanya dapat diakses untuk pemilik akun Instagram Bisnis.

BACA JUGA: 7 Tips untuk Membantu Bisnis Anda Berhasil

Beberapa fitur ini meliputi:

Wawasan Instagram / Insight Instagram

Fungsi wawasan atau insight di Instagram Bisnis adalah untuk pelaku bisnis mengetahui informasi dari akun Instagram kalian. Mulai dari demografi followers, postingan feed atau story seperti apa yang disukai, sampai kapan waktu terbaik untuk melakukan postingan di akun Instagram.

Semua informasi tersebut bisa kalian dapatkan di Insight Instagram yang berada di setiap postingan. Jika ingin versi lebih lengkapnya bisa cek di tab insight di pojok kanan atas layar Instagram Bisnis.

Instagram Ads

Jika kalian memiliki anggaran marketing untuk mempromosikan bisnismu secara lebih tertarget, silahkan manfaatkan fitur dari Instagram Bisnis ini. Fitur ini termasuk fitur berbayar yang dapat meningkatkan jangkauan produk kalian terlihat di Instagram.

Syarat menggunakan fitur ini yaitu bisnismu harus mempunyai Facebook Page terlebih dahulu. Hal ini menjadi syarat wajib untuk mendapatkan fitur promosi di Instagram Bisnis.

Setelah akun Instagram Bisnis telah terhubung, maka kalian bisa mengaktifkan postingan bersponsor melalui applikasi Instagram atau dashboard iklan di Facebook.

BACA JUGA: Cara Membangun Social Media Marketing Funnel

Kalian juga bisa menentukan tujuan iklan, mulai dari kunjungan profile akun Instagram, meningkatkan traffic website, mengarahkan chat via Direct Message hingga via Whatsapp. Selain itu target orang yang ingin dijangkau dari Iklan Instagram bisa disesuaikan dengan produk atau jasa yang dijual. Sangat efektif untuk penjualan di Instagram.

Mengenai anggaran iklan Instagram bisa ditentukan sesuai kemampuan dan budget bulanan yang dimiliki. Tentunya tidak mahal, anggaran iklan Instagram itu dimulai dari Rp 13.000 per hari. Jangka waktu iklan yang tayang juga bisa kalian atur sesuai berapa lama campaign akan dijalankan.

Setelah disetujui oleh pihak Instagram, maka iklan akan terbit sesuai yang diinginkan dengan budget yang dimiliki.

Jika kalian merasa kesulitan untuk mengaktifkan fitur iklan tertarget dari Instagram Bisnis, dan membutuhkan jasa pengiklanan Instagram, silahkan HUBUNGI KAMI.

Tab informasi kontak baru yang ditampilkan secara efisien

Jika kalian sudah mengubah akun personal menjadi akun Instagram Bisnis, maka kalian bisa memiliki fitur tambahan yaitu menampilkan informasi kontak yang lebih efisien.

Informasi kontak baru yang akan muncul dibagian bawah bio Instagram Bisnis kalian yaitu fitur chat Direct Messages, kontak telepon, email, dan maps ke alamat toko.

Beberapa fitur tambahan lainnya yang bisa kalian tambahkan antara lain fitur reservasi tempat makan, order tiket online di eventbrite, dan masih banyak lagi.

Beberapa fitur diatas bisa kalian tambahkan, tanpa kalian masukkan didalam bio yang memiliki jatah penulisan karakter terbatas. Fitur ini berada di bawah bio akun Instagram kalian jika sudah diubah menjadi akun Instagram Bisnis.

Manfaatnya fitur ini yaitu bisa mendorong konten Instagram yang lebih optimal ke fitur tambahan ini bisa menjadi call to action akun Instagram Bisnis kalian

Sekarang kalian sudah lebih tahu perbedaan Instagram Bisnis dan Instagram personal. Jika kalian adalah salah satu pelaku bisnis online dengan skala UKM sampai skala perusahaan yang sedang akan melakukan aktifitas promosi besar-besaran, dan jangkauan iklan yang lebih luas, sebaiknya gunakanlah Instagram Bisnis.

Silahkan mulai ubah jenis akun Instagram personal menjadi Instagram Bisnis kalian untuk mendapatkan fitur -fitur yang terdapat di Instagram Bisnis yang tentu sangat mendukung perkembangan bisnis kalian.

Tunggu apa lagi?
Ayo kembangkan bisnis Anda secara digital sekarang!

Komentar

comments