Sihir dan Kisah Cinta Lagu Balo Lipa

Sihir dan Kisah Cinta Lagu Balo Lipa website

Sihir dan Kisah Cinta Lagu Balo Lipa – Tentunya masih lekat diingatan kita tentang video yang belangan ini viral, kisah tentang pengantin pria yang tiba-tiba tak sadarkan diri ditengah alunan lagu seorang tamu perempuan. Sebaiknya kita tak perlu panjang lebar membahas kisah dibalik video tersebut karena pastinya sebagian besar dari kita sudah tahu.

Pada dasarnya segala hal yang ramai dibicarakan, menimbulkan kekepoan yang berlipat ganda dan mendetail.

Lalu, apa hubungan lagu tersebut dengan pingsannya sang pengantin pria? Setiap lagu punya makna dan sepertinya makna yang terkandung dalam lagu tersebutlah yang membuat sang pengantin pria klemer-klemer baper sampai melakukan hal yang tak diduga oleh para tamu undangan.

Nah, sekarang kita akan mengulas makna lagu balo lipa, lagu bugis (Makassar) yang biasa dinyanyikan di pesta pernikahan.

Sihir dan Kisah Cinta Lagu Balo Lipa website

Makna Lagu Balo lipa

Balo lipa adalah lagu ciptaan Anshar. S yang merupakan salah satu penyanyi sekaligus pencipta lagu bugis. Lagu ini juga dipopulerkan oleh seorang penyanyi yang bernama Didin Pratama.

Lagu balo lipa ini mulai semakin melejit di kalangan anak muda setelah menghebohkan pesta pernikahan seorang pemuda di kabupaten Wajo. Jika awalnya lagu Bugis Makassar hanya digandrungi oleh generasi yang seumuran dengan bapak ibu atau kakek nenek kita, lagu balo lipa mulai marak didengarkan oleh generasi jaman now.

Bagi masyarakat bugis khususnya atau pun orang-orang yang paham dengan lagu ini, makna dari lagu ini memang bisa menyentuh hati dan cukup mewakili perasaan seseorang yang sedang merana karena cinta.

Dapat memanjakan kegalauan generasi muda sekarang yang bisa jadi lebih sering galau karena ditinggal cinta dari pada merana karena memikirkan masa depan dan pekerjaan. Tapi tidak semua seperti demikian, beberapa diantara kita hanya menjadikan lagu ini sebagai hiburan dengan musik yang memang enak untuk didengar disamping liriknya yang lumayan puitis.

Berikut makna lagu balo lipa yang sering kalian dengarkan saat ini.
Lemmusa nyamu andi
Musolangi atikku
Engka mu tudang botting
Riolo mattakku

Sampai hati kamu dik
Menghancurkan hatiku..
Disaat dirimu duduk di pelaminan di depan mataku

Mennengngi uwisseng memengngi
Mappoji balo lipami
Rimulanna mopa
Nadetto sirampe
Nadetto sirampe

Seandainya diriku tahu sejak awal
Bahwa dirimu hanya berpura-pura cinta kepadaku
Sejak itupun aku tidak ingin berkenalan denganmu

Kessipa ro adammu
Riwettu silolota
Makkuleno ro anri
Musolangi atikku
Kessipa ro adammu
Riwettu silolota
Makkuleno ro anri
Musolangi atikku
Monro ale ale madoko watakale

Begitu manis kata-katamu
Disaat kita bersama
Tak kusangka kau begitu tega dik
Menghancurkan hati

Saat ini aku sendiri
Tinggal dalam kesendirian
Kurus kering tanpamu

Selain balo lipa masih banyak kok lagu bugis makassar yang bagus untuk didengarkan. Mari budayakan lagu daerah dengan membiasakan diri untuk mendengarkan lagu-lagu daerah kita.

Sihir dan Kisah Cinta Lagu Balo Lipa

Komentar

comments